Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Hubungan antara Penggunaan Teknologi Mekanisasi Pemerahan dan Skla Usaha Sapi Perah terhadap Biaya Produksi Susu (Kasus di Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara)


Penelitian ini dilaksanakan pada peternak yang mengadopsi teknologi mekanisasi pemerahan di Wilayah Kerja Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara pada ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    SKR000366Skr.5664Perpustakaan Fakultas PeternakanTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Peternakan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    Skr.5664
    Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 58 hlm.: ilus.; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    636.01
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilaksanakan pada peternak yang mengadopsi teknologi mekanisasi pemerahan di Wilayah Kerja Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara pada bulan April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha peternakan sapi perah yang menggunakan mesin perah ditinjau dari skala usaha dan jumlah produksi susu, serta menganalisis hubungan antara lama tingkat adopsi penggunaan teknologi mekanisasi pemerahan dan peningkatan jumlah produksi susu, serta biaya produksi. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan responden yang diambil secara sensus sebanyak 18 responden. Analisis data untuk mendapatkan ukuran adanya hubungan antara variabel penelitian, yaitu: tingkat penerapan mekanisasi pemerahan, produksi susu dan biaya produksi diukur menggunakan koefisien korelasi dan tingkat keeratan hubungan diterapkan berdasarkan kriteria Guilford. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peternak yang mengadopsi mekanisasi pemerahan pada umumnya (94,45%) memelihara rata-rata sapi perah 15 ekor. Produksi susu rata-rata keseluruhannya mencapai 53.417 liter/tahun. Penggunaan teknologi mekanisasi pemerahan berhubungan dengan jumlah produksi susu baik dalam hal jumlah unit mesin perah (r = 0,7432) yang digunakan maupun lamanya penggunaan mesin perah (r = 0,6570).
    Kata kunci: Mekanisasi, Skala usaha, Korelasi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi