Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Jaringan Komunikasi dalam Mengadopsi Teknologi Biogas (Kasus di Desa Haurgombong Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang)


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada bulan Maret 2018. Tujuan dari penelitian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    SKR001018Skr.5948Perpustakaan Fakultas PeternakanTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Peternakan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    Skr.5948
    Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 75 hlm.: ilus.; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    628.748
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilaksanakan di Desa Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada bulan Maret 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan Menganalisis jaringan komunikasi yang terbentuk pada kelompok peternak dalam mengadopsi teknologi biogas di Desa Haurngombong; 2) Mengetahui dan Menganalisis peran individu peternak di Desa Haurngombong dalam jaringan komunikasi yang terbentuk; 3) Mengetahui tingkat adopsi teknologi biogas oleh peternak di Desa Haurngombong; 4) Mengetahui dan Menganalisis hubungan jaringan komunikasi dengan tingkat adopsi teknologi biogas di Desa Haurngombong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah sensus dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dari seluruh peternak pengguna biogas sebanyak 17 orang. Data dianalisis dengan menggunakan software UCINET VI dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan 1) Peternak pengguna biogas di Desa Haurngombong dalam penyebaran informasi dan keputusan adopsi membentuk sebuah jaringan berbentuk jaringan komunikasi lingkaran; 2) Peran individu peternak pengguna biogas yang teridentifikasi dalam jaringan yaitu star, opinion leader, dan bridge; 3) Tingkat adopsi teknologi biogas bagi peternak pengguna biogas termasuk kategori tinggi yaitu 94,1 persen; 4) Berdasarkan hasil uji korelasi dan kriteria guilford bahwa terdapat hubungan yang berpengaruh nyata serta keeratan hubungan antara sentralitas lokal, sentralitas global, serta tingkat kebersamaan dengan tingkat adopsi teknologi biogas yaitu cukup erat dan erat.
    Kata Kunci : Jaringan Komunikasi, Peternak Pengguna Biogas, Tingkat Adopsi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi