Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh suplementasi kompleks Ca-minyak jagung dalam ransum lengkap sapi perah terhadap kecernaan bahan organik dan bahan kering ransum in vitro.


Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2018 di Laboratorium Nutrisi Ruminansia dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    SKR001405Skr.6075Perpustakaan Fakultas PeternakanTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Peternakan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    Skr.6075
    Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 56 hlm.: ilus.; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    636.214 208 52
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2018 di Laboratorium Nutrisi Ruminansia dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Sumedang. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh suplementasi kompleks Ca-minyak jagung di dalam ransum lengkap sapi perah terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik ransum in vitro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan lima ulangan yaitu P0 : 60 % Rumput gajah + 40 % Konsentrat, P1 : 60 % Rumput gajah + 37 % Konsentrat + 3 % minyak jagung utuh, P2 : 60 % Rumput gajah + 37 % Konsentrat + 3 % Ca-minyak jagung terproteksi, P3 : 60 % Rumput gajah + 34 % Konsentrat + 6 % Ca-minyak jagung terproteksi. Peubah yang diamati adalah kecernaan bahan kering (KcBK) dan bahan kecernaan organik (KcBO). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa suplementasi kompleks Ca-minyak jagung berpengaruh nyata (P < 0,05) terhadap nilai KcBK dan KcBO. Nilai KcBK tertinggi dihasilkan oleh ransum yang mengandung 6% Ca-minyak jagung yaitu 71,00% dan nilai KcBO tertinggi dihasilkan oleh ransum yang mengandung 6% Ca-minyak jagung yaitu 63,67%.
    Kata kunci : In Vitro, Kecernaan Bahan Kering, Kecernaan Bahan Organik, Kompleks Ca-Minyak Jagung
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi