Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Histologi bursa fabrisius dan rasio heterofil limfosil darah pada ayam broiler yang diberi pakan imbuhan elstrak biji pepaya (Carina papaya L.)


HISTOLOGI BURSA FABRICIUS DAN RASIO HETEROFIL LIMFOSIT DARAH PADA AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN IMBUHAN EKSTRAK BIJI PEPAYA (Carica papaya L.) Deka ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    SKR002063Skr.6508Perpustakaan Fakultas PeternakanTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Peternakan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    Skr.6508
    Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 64 hlm.: ilus.; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    636.513
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • HISTOLOGI BURSA FABRICIUS DAN RASIO HETEROFIL LIMFOSIT DARAH PADA AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN IMBUHAN EKSTRAK BIJI PEPAYA (Carica papaya L.) Deka Ruslinasih ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tingkat pemberian Ekstrak Biji Pepaya (Carica papaya. L) terhadap pertumbuhan sel limfosit pada histologi bursa fabrisius serta rasio heterofil dan limfosit. Penelitian ini dilaksanakan di Teaching Farm Fakultas Peternakan, analisis histologi di Laboratorium Biosistem Hewan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta ekstraksi dilakukan di Laboratorium Sentral Universitas Padjadjaran, dan analisis hematologi di Laboratorium Komersil Multitest Margahayu Bandung Barat. Objek penelitian terdiri dari 100 ekor ayam broiler dengan koefisien variasi bobot awal 8,09%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan berupa P0 = Ransum Kontrol + 0% Ekstrak Biji Pepaya (EBP), P1 = Ransum Basal + 0,025% EBP, P2 = Ransum Basal + 0,050% EBP, P3 = Ransum Basal + 0,075% EBP, P4 = Ransum Basal + 0,100% EBP. Sampel yang digunakan untuk uji hematologi sebanyak 20 ekor dari objek penelitian, dan untuk uji histologi bursa fabrisius sebanyak 10 ekor dari objek penelitian berdasarkan rataan bobot badan populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian Ekstrak Biji Pepaya (Carica papaya. L) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan sel limfosit pada histologi bursa fabrisius serta rasio heterofil dan limfosit. Kata Kunci : ekstrak, biji, pepaya, histologi, hematologi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi