Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] Hubungan Antara Test Anxiety dan Academic Integrity Pada Mahasiswa Universitas Padjadjaran.


ABSTRAK

Mahasiswa sebagai penerus bangsa diharapkan untuk berkomitmen memegang nilai-nilai kejujuran, kepercayaan, keadilan, rasa ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    S3323.C1S3323 Ang h.C1Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPADTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3323 Ang h.1
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110150072
    Klasifikasi
    S3323 Ang h.1
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Mahasiswa sebagai penerus bangsa diharapkan untuk berkomitmen memegang nilai-nilai kejujuran, kepercayaan, keadilan, rasa hormat dan tanggung jawab meski menghadapi keadaan yang sulit. Komitmen ini disebut sebagai academic integrity. Sayangnya, academic dishonesty yang semakin banyak terjadi dapat mengurangi academic integrity yang dimiliki mahasiswa. Academic dishonesty muncul karena tuntutan akademik yang tinggi. Tuntutan akademik ini juga membuat mahasiswa banyak mengalami masalah kesehatan fisik dan mental. Salah satu masalah mental yang sering dialami mahasiswa adalah kecemasan pada saat menghadapi ujian atau test anxiety, yang berkorelasi negatif dengan academic integrity pada siswa SMA berdasarkan penelitian Firmantyo dan Alsa (2016). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara tingkat test anxiety dan tingkat academic integrity pada mahasiswa.
    Penelitian ini menggunakan metode studi korelasional. Partisipan penelitian ini berjumlah 226 mahasiswa aktif angkatan 2016-2019 Universitas Padjadjaran. Metode sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel berasal dari empat Fakultas, yaitu Fakultas Keperawatan, Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Hukum. Data diambil menggunakan kuesioner daring yang diberikan peneliti kepada setiap partisipan yang terpilih secara langsung menggunakan aplikasi Line dan Whatsapp. Skor academic integrity diukur dengan Academic Integrity Scale (Ramdani, 2018) berdasarkan konsep academic integrity yang dikeluarkan International Center for Academic Integrity (ICAI) dan skor test anxiety diukur dengan alat ukur test anxiety yang peneliti kembangkan sendiri berdasarkan teori test anxiety Zeidner (1998).

    Dengan taraf signifikansi α = 0,05, hasilnya adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara test anxiety dan academic integrity pada mahasiswa Universitas Padjadjaran (r(226)=-0,071; p=0,290). Artinya, tinggi-rendahnya skor test anxiety tidak berkorelasi dengan tinggi-rendahnya academic integrity yang dimiliki. Kemudian, uji korelasi kembali dilakukan dengan mengelompokkan partisipan berdasarkan fakultasnya. Hasil menunjukkan terdapat hubungan signifikan yang negatif antara test anxiety dan academic integrity pada partisipan dari Fakultas Keperawatan (r(54)=-0,413; p=0,002), tetapi tidak ditemukan pada Fakultas Teknik Geologi (r(38)=0,037; p=0,825), Fakultas Ilmu Komunikasi (r(95)=0,041; p=0,695) dan Fakultas Hukum (r(39)=0,145; 0,380). Artinya semakin tinggi skor test anxiety yang dialami oleh mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran, maka semakin rendah skor academic integrity yang dimiliki. Sementara untuk fakultas lain, tinggi-rendahnya skor test anxiety tidak berhubungan dengan tinggi-rendahnya academic integrity mereka.

    Kata Kunci : Academic Integrity, Test Anxiety, Mahasiswa
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi