Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] Hubungan Efektivitas Gaya Kepemimpinan Supervisor Dengan Kualitas Pelayanan Karyawan PT. "X" TBK


ABSTRAK
Supervisor menjadi salah satu faktor penting bagi performa perusahaan, ia
berhubungan secara langsung dengan karyawan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19011020S3355S3355 Wit hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    Studi Korelasional tentang Gaya Kepemimpinan Supervisor dan Kualitas Pelayanan Karyawan Bank X di Kantor Unit Sumedang
    No. Panggil
    S3355 Wit h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 124 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160001
    Klasifikasi
    S3355 Wit h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Supervisor menjadi salah satu faktor penting bagi performa perusahaan, ia
    berhubungan secara langsung dengan karyawan pelaksana. Namun, jumlah
    supervisor bank X kantor unit di Kabupaten Sumedang semakin berkurang dan
    kantor-kantor ini seringkali mendapat komplain terkait pelayanan karyawan.
    Efektivitas gaya kepemimpinan supervisor dipertanyakan dalam peningkatan
    kualitas pelayanan bank X kantor unit. Efektivitas gaya kepemimpinan dibahas oleh
    Hersey dan Blanchard melalui situational leadership model yang menyebutkan
    bahwa efektif tidaknya suatu gaya kepemimpinan tergantung pada kecocokkan
    antara gaya kepemimpinan atasan dengan kesiapan karyawan. Penelitian ini
    dilakukan untuk mengukur hubungan antara efektivitas gaya kepemimpinan
    supervisor dan kualitas pelayanan karyawan bank X kantor unit.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental
    dengan metode korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah efektivitas gaya
    kepemimpinan supervisor dan kualitas pelayanan karyawan. Pengambilan data
    dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh karyawan dari 4 (empat) kantor unit
    bank X yang memiliki supervisor. Teknik sampling yang digunakan adalah
    proportionate sampling (n=58). Data variabel pertama didapatkan melalui alat ukur
    Leadership Effectiveness and Adaptability Description (LEAD)-other dan
    Readiness Scale Staff Member oleh Yoshioka (2006). Data variabel kedua didapat
    melalui alat ukur Kualitas Pelayanan oleh Rusdianto (2010) dengan metode
    SERVQUAL.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
    antara efektivitas gaya kepemimpinan supervisor dan kualitas pelayanan karyawan
    bank X. Semakin efektif gaya kepemimpinan supervisor yang dipersepsi oleh
    karyawan, maka semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan.
    Terdapat hubungan yang cukup kuat antara efektivitas gaya kepemimpinan
    supervisor dengan dimensi responsiveness dan hubungan yang lemah dengan empat
    dimensi lainnya pada kualitas pelayanan karyawan yaitu empathy, assurance,
    tangibles, dan reliability. Sebagian besar karyawan memersepsi supervisor
    memiliki fleksibilitas yang cukup luas, melakukan gaya kepemimpinan yang cukup
    efektif dengan menunjukkan gaya selling sebagai best style dan gaya participating
    sebagai second best style, dan karyawan memersepsi dirinya menampilkan kualitas
    pelayanan yang baik.
    Kata Kunci : Efektivitas Gaya Kepemimpinan, Supervisor, Kesiapan
    Karyawan, Kualitas Pelayanan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi