[SKRIPSI] Hubungan Efektivitas Gaya Kepemimpinan Supervisor Dengan Kualitas Pelayanan Karyawan PT. "X" TBK
WITRI FADILAH
Primary Author
Marina Sulastiana, M.Si., Psikolog
Pembimbing 1
mixed material
bibliography
Jatinangor
Fakultas Psikologi UNPAD
2020
id
Indonesia
xiv., 124 hlm.: ill.; 30 cm.
Studi Korelasional tentang Gaya Kepemimpinan Supervisor dan Kualitas Pelayanan Karyawan Bank X di Kantor Unit Sumedang
ABSTRAK
Supervisor menjadi salah satu faktor penting bagi performa perusahaan, ia
berhubungan secara langsung dengan karyawan pelaksana. Namun, jumlah
supervisor bank X kantor unit di Kabupaten Sumedang semakin berkurang dan
kantor-kantor ini seringkali mendapat komplain terkait pelayanan karyawan.
Efektivitas gaya kepemimpinan supervisor dipertanyakan dalam peningkatan
kualitas pelayanan bank X kantor unit. Efektivitas gaya kepemimpinan dibahas oleh
Hersey dan Blanchard melalui situational leadership model yang menyebutkan
bahwa efektif tidaknya suatu gaya kepemimpinan tergantung pada kecocokkan
antara gaya kepemimpinan atasan dengan kesiapan karyawan. Penelitian ini
dilakukan untuk mengukur hubungan antara efektivitas gaya kepemimpinan
supervisor dan kualitas pelayanan karyawan bank X kantor unit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental
dengan metode korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah efektivitas gaya
kepemimpinan supervisor dan kualitas pelayanan karyawan. Pengambilan data
dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh karyawan dari 4 (empat) kantor unit
bank X yang memiliki supervisor. Teknik sampling yang digunakan adalah
proportionate sampling (n=58). Data variabel pertama didapatkan melalui alat ukur
Leadership Effectiveness and Adaptability Description (LEAD)-other dan
Readiness Scale Staff Member oleh Yoshioka (2006). Data variabel kedua didapat
melalui alat ukur Kualitas Pelayanan oleh Rusdianto (2010) dengan metode
SERVQUAL.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara efektivitas gaya kepemimpinan supervisor dan kualitas pelayanan karyawan
bank X. Semakin efektif gaya kepemimpinan supervisor yang dipersepsi oleh
karyawan, maka semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan.
Terdapat hubungan yang cukup kuat antara efektivitas gaya kepemimpinan
supervisor dengan dimensi responsiveness dan hubungan yang lemah dengan empat
dimensi lainnya pada kualitas pelayanan karyawan yaitu empathy, assurance,
tangibles, dan reliability. Sebagian besar karyawan memersepsi supervisor
memiliki fleksibilitas yang cukup luas, melakukan gaya kepemimpinan yang cukup
efektif dengan menunjukkan gaya selling sebagai best style dan gaya participating
sebagai second best style, dan karyawan memersepsi dirinya menampilkan kualitas
pelayanan yang baik.
Kata Kunci : Efektivitas Gaya Kepemimpinan, Supervisor, Kesiapan
Karyawan, Kualitas Pelayanan.
WITRI FADILAH
Efektivitas Gaya Kepemimpinan
S3355 Wit h
190110160001
Perpustakaan Universitas Padjadjaran Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi
S3355 Wit h
19011020S3355
Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)
S3355 Wit h
14466
2020-11-17 14:12:38
2020-12-03 12:35:02
machine generated