Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN INDIKASI GANGGUAN MENTAL PADA MAHASISWA JENJANG SARJANA UNIVERSITAS PADJADJARAN


"ABSTRAK

Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang sangat diharapkan dapat berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia ke ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19011021S3377S3377 Cle gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPADTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    (Prevalensi dan Faktor-Faktor Risiko dan Protektif yang dapat Membedakan Indikasi Gangguan Mental pada Mahasiswa)
    No. Panggil
    S3377 Cle g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xv., 151 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170096
    Klasifikasi
    S3377 Cle g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK

    Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang sangat diharapkan dapat berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia ke depannya. Meskipun begitu, di satu sisi banyak penelitian yang mengemukakan bahwa mahasiswa mengalami banyak gangguan psikologis. Tentu hal ini sangat dikhawatirkan. Banyak dampak negatif yang timbul, ketika mahasiswa mengalami gangguan-gangguan psikologis, satu diantaranya adalah bunuh diri. Namun, penelitian di Universitas Padjadjaran belum banyak dan juga belum komprehensif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui prevalensi mahasiswa Universitas Padjadjaran yang diindikasikan mengalami gangguan mental dan juga mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengarahui adanya indikasi gangguan mental pada mahasiswa.
    Populasi penelitian adalah mahasiswa sarjana Universitas Padjadjaran angkatan 2017-2019 dan menggunakan teknik sampling stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa kuesioner, yaitu SRQ-20 dari WHO dan juga menanyakan mengenai sumber permasalahan/stres yang paling dirasakan selama 30 hari terakhir Faktor-faktor penunjang yang ditanyakan adalah kegiatan olahraga, merokok, kegiatan hobi, riwayat keluarga mengalami gangguan mental, serta riwayat mengikuti layanan psikologi. Analisis data yang digunakan adalah pengolahan data secara deskriptif serta uji beda chi-kuadrat serta exact-fisher. Pengolahan data menggunakan SPSS ver. 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa 76.9% mahasiswa diindikasikan mengalami gangguan mental. Sumber permasalahan yang paling sering dialami adalah masalah area masa depan, serta area penyesuaian tugas akademik. Ditemukan hanya jenis kelamin, riwayat menggunakan layanan psikologi, melakukan hobi, dan melakukan olahraga yang dapat membedakan indikasi gangguan mental.

    Kata Kunci: Mahasiswa; Gangguan Mental; SRQ
    "
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi