Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

(SKRIPSI) GAMBARAN SIKAP GURU SMP TERHADAP PENDIDIKAN SEKSUAL


"ABSTRAK
Salah satu cara untuk mengatasi fenomena permasalahan seksual pada remaja ialah dengan adanya pemberian pendidikan seksual yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3381S3381 Gre gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3381 Gre g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xvii., 124 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    S3381 Gre g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Salah satu cara untuk mengatasi fenomena permasalahan seksual pada remaja ialah dengan adanya pemberian pendidikan seksual yang dimulai sejak fase remaja awal. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pendidikan seksual di sekolah-sekolah belum berjalan sebagaimana semestinya. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi hal ini adalah sikap guru, selaku pihak pemberi materi, terhadap pendidikan seksual itu sendiri. Sebuah intervensi yang dilakukan terhadap sikap guru ini terbukti meningkatkan aktivitas pemberian pendidikan seksual. Penelitian lain juga telah membuktikan adanya hubungan antara sikap guru terhadap pendidikan seksual dan pemberian pendidikan seksual. Namun, belum ada penelitian yang menggambarkan bagaimana sikap guru terhadap pendidikan seksual itu sendiri dalam kurun beberapa waktu terakhir. Karena itu, peneliti tertarik untuk melihat gambaran sikap guru yang mengajar remaja awal, atau guru SMP, terhadap pendidikan seksual.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode sampling yang digunakan adalah convenience sampling dengan sampel penelitian sebanyak 38 orang guru SMP yang mengajar di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), atau Bandung. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur sikap guru SMP terhadap pendidikan seksual yang dirancang oleh peneliti dengan dasar teori sikap dari Triandis dan materi pendidikan seksual. Alat ukur ini berupa kuesioner yang disebarkan secara daring. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa mayoritas responden (86,8%) memiliki sikap yang sangat positif terhadap pendidikan seksual. Hampir semua responden (97,4%) memiliki komponen sikap yang positif pula terhadap pendidikan seksual. Memiliki sikap dan komponen sikap yang positif atau sangat positif menunjukkan bahwa guru SMP memiliki predisposisi untuk menunjukkan perilaku yang mendukung adanya pendidikan seksual. Sebagai data tambahan, peneliti tidak menemukan adanya perbedaan sikap terhadap pendidikan seksual antara guru laki-laki dan guru perempuan, juga tidak ada hubungan antara sikap terhadap pendidikan seksual dan lamanya responden berprofesi sebagai guru. Kesimpulannya adalah mayoritas guru SMP memiliki sikap yang positif, atau bahkan sangat positif, terhadap pendidikan seksual.
    Kata kunci: sikap, guru SMP, sikap guru, pendidikan seksual, pendidikan kesehatan reproduksi"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi