Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP EKSPEKTASI ORANG TUA DENGAN VOCATIONAL IDENTITY SISWA KELAS 12 SMA


"ABSTRAK
Siswa kelas 12 SMA memiliki tugas perkembangan yang salah satunya adalah mengembangkan dan merencanakan tujuan karier. Hal ini ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3389S3389 Gra hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPADTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3389 Gra h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 164 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170128
    Klasifikasi
    S3389 Gra h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Siswa kelas 12 SMA memiliki tugas perkembangan yang salah satunya adalah mengembangkan dan merencanakan tujuan karier. Hal ini diwujudkan melalui jurusan yang akan ia pilih pada perguruan tinggi. Akan tetapi, eksplorasi data awal dan beberapa penelitian menyebutkan bahwa banyak siswa kelas 12 SMA yang belum menentukan pilihan karier. Ekspektasi orang tua ditemukan menjadi salah satu faktor alasan pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Namun, terdapat hasil yang kontradiktif pada penelitian-penelitian terdahulu mengenai hubungan antara persepsi terhadap ekspektasi orang tua dengan vocational identity siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap ekspektasi orang tua yang mencakup living up to parental expectation dengan vocational identity dan ketiga dimensinya, yaitu career exploration, career commitment, dan career reconsideration pada siswa kelas 12 SMA.
    Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif noneksperimental, yaitu korelasional dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui Google Form. Populasi yang diambil adalah siswa kelas 12 SMA di kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling untuk mendapatkan 111 responden (73 perempuan, 38 laki-laki). Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kedua variabel adalah Living Up to Parental Expectation Inventory (LPEI) dan Vocational Identity Status Assessment (VISA) yang telah diadaptasi sebelumnya. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah korelasional dengan bantuan SPSS versi 21.0.
    Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang berbanding terbalik antara persepsi terhadap ekspektasi orang tua dengan vocational identity, career exploration, dan career commitment, serta hubungan yang berbanding lurus dengan career reconsideration. Hal ini disebabkan oleh ekspektasi orang tua yang dipersepsikan terlalu tinggi dan sulit untuk dicapai sehingga menurunkan performa siswa dalam memenuhi ekspektasi tersebut. Adanya kesenjangan antara persepsi siswa terhadap seberapa tinggi ekspektasi orang tua dengan performanya dalam memenuhi ekspektasi tersebut dapat menimbulkan emosi negatif yang menghambat individu untuk melakukan eksplorasi karier, membuat komitmen, dan mempertimbangkan kembali komitmen yang sudah dibuatnya.
    Kata Kunci: Persepsi terhadap Ekspektasi Orang Tua, Living Up to Parental Expectation, Vocational Identity, Career Exploration, Career Commitment, Career Reconsideration, Siswa Kelas 12 SMA."
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi