Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN MUSIC PERFORMANCE ANXIETY PADA MUSISI DI KELOMPOK PERKEMBANGAN EMERGING ADULTHOOD


"ABSTRAK
Musisi pada kelompok usia emerging adulthood yang memiliki pengalaman melakukan pertunjukan tidak lepas dari kecemasan saat melakukan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012020S3397S3397 Muh gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3397 Muh g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xv., 98 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110150154
    Klasifikasi
    S3397 Muh g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Musisi pada kelompok usia emerging adulthood yang memiliki pengalaman melakukan pertunjukan tidak lepas dari kecemasan saat melakukan pertunjukan musik. Musisi dalam kelompok ini memiliki permasalahan yang terbentuk dari proses perkembangan emerging adulthood dimana individu harus menghadapi kondisi yang belum stabil dalam pekerjaan, dalam proses pencarian identitas, merasa bukan anak-anak dan bukan pula orang dewasa, fokus pada diri, dan memiliki harapan untuk berkembang juga dalam kondisi kegiatan bermusik. Hal tersebut yang selanjutnya peneliti jadikan acuan dalam penelitian ini yaitu, emerging adulthood dengan pengalaman dari pertunjukan musik yang pada akhirnya membentuk kondisi kecemasan pertunjukan musik. Musik yang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh musisi emerging adulthood dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk rekreasi dilain pihak menjadi beban untuk musisi dalam melakukan kegiatan bermusik. Teori yang digunakan disini adalah teori music performance anxiety oleh Kenny D. Theodore (2011). Penelitian merupakan penelitian non-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif melalui pengisian kuisioner online yang mencakup kuisioner Kenny Music Performance Anxiety Inventory Revised (KMPAI-R) yang telah di revisi oleh Kenny (2009). Reliabilitas alat ukur ini 0,937 yang berarti alat ukur dapat diandalkan. Kuisioner ini disebarkan melalui media sosial untuk mendapatkan responden yang sesuai dengan kriteria penelitian ini yaitu, berada pada kelompok usia emerging adulthood, memiliki keahlian di bidang musik, dan pernah melakukan pertunjukan.
    Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas musisi emerging adulthood yang memiliki pengalaman melakukan pertunjukan musik memiliki kondisi kecemasan pertunjukan musik sedang (69,2%). Selain itu, pada kategori kondisi kecemasan pertunjukan musik tinggi sebanyak 15 responden (14,4%) dan pada kategori rendah berjumlah 17 responden (16,3%). Musisi emerging adulthood dengan tingkatan menikmati kegiatan bermusik dengan respon sangat senang mayoritas terdapat pada kondisi kecemasan pertunjukan musik sedang. Sehingga dapat dikatakan kondisi kecemasan pertunjukan musik yang dimiliki oleh responden sejalan dengan pernyataan mengenai kesukaan dari musisi mengenai kegiatan musik. Dengan kata lain musisi emerging adulthood dapat menikmati kegiatan bermusiknya dengan tingkatan kecemasan yang mencukupi untuk mendapatkan pertunjukan yang optimal.
    Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih komprerhensif dalam kesenangan dalam kegiatan bermusik dan melihat faktor-faktor yang berpengaruh dalam pembentukan kondisi kecemasan pertunjukan musik seperti, stimulus dari music performance anxiety, kondisi aktual perunjukan dari musisi emerging adulthood, dan faktor eksternal yang belum terbahas dalam penelitian ini pada MPA maupun pada musisi emerging adulthood.
    Kata Kunci: Music Performance Anxiety, Musisi, Emerging Adulthood"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi