Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN PENALARAN MORAL REMAJA GENERASI Z DENGAN ORANGTUA YANG MENGGUNAKAN TEKNIK DISIPLIN INDUCTION


"ABSTRAK
Remaja yang saat ini didominasi oleh generasi Z sedang berada di dunia yang serba digital. Interaksi remaja dengan lingkungan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3407S3407 Kha gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3407 Kha g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xix., 163 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160019
    Klasifikasi
    S3407 Kha g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Remaja yang saat ini didominasi oleh generasi Z sedang berada di dunia yang serba digital. Interaksi remaja dengan lingkungan sosialnya pun cenderung lebih banyak dihabiskan dengan menggunakan internet. Hal ini kemudian menyebabkan banyak permasalahan sosial yang berkaitan dengan internet. Teknologi saat ini turut menjadi tambahan faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pemikiran remaja, sehingga dibutuhkan cara yang lebih dapat diterima oleh remaja dalam mengatasi permasalahan yang dilalui remaja, khususnya menyangkut permasalahan moral. Remaja menganggap bahwa orang tua menjadi pihak yang paling dominan dalam kehidupan remaja saat ini, sehingga peran orang tua dirasa lebih mampu untuk dapat memberikan penanaman moral. Penanaman moral dapat dilakukan dengan penerapan teknik disiplin induction yaitu untuk mengajak remaja berdialog dan diskusi yang mengandung dilema moral. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran penalaran moral remaja generasi Z dengan orang tua yang menggunakan teknik disiplin induction.
    Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif non eksperimental dengan metode survey. Partisipan dalam penelitian ini (N=34) merupakan siswa kelas 9 SMPN X, siswa kelas 10 dan 11 di SMAN X yang terpilih melalui screening alat ukur teknik disiplin induction. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Pengambilan data dilakukan secara online dengan menyebarkan kuesioner berupa google form kepada populasi penelitian. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Teknik Disiplin yang disusun sendiri oleh Ammy Mahartriyanti (2005) berdasarkan teori Hoffman, digunakan untuk mendapatkan individu dengan teknik disiplin induction yang menonjol dan alat ukur Defining Issues Test (DIT) yang dikembangkan oleh James Rest berdasarkan teori Kohlberg, digunakan untuk mengukur penalaran moral.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas remaja generasi Z memiliki tahap penalaran moral pada level postconventional. Hal ini berarti sebagian besar remaja generasi Z dapat mengeksplorasi pilihan dan memutuskan dengan menggunakan kode moral personal atau biasa disebut dengan prinsip-prinsip pribadi. Skor principle morality dari remaja generasi Z mayoritas berada pada kategori sedang yang artinya remaja generasi Z sudah memiliki cukup kemampuan untuk memutuskan suatu permasalahan sosial yang menyangkut moral dengan menggunakan penalaran. Teknik disiplin induction yang diterapkan orang tua dapat menunjukkan hasil bahwa remaja generasi Z dapat berada pada level postconventional.
    Kata kunci : Remaja Generasi Z, Tahap Penalaran Moral, Teknik Disiplin Induction"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi