Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] PENGARUH PARENTAL INVOLVEMENT TERHADAP AUTONOMOUS MOTIVATION SISWA KELAS VII SMPN X JATINANGOR DENGAN SES RENDAH


"ABSTRAK
Jatinangor merupakan salah satu kecamatan di Jawa Barat yang masih mengalami berbagai permasalahan sosial-ekonomi. Akibatnya, banyak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012020S3414S3414 Alm pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPADTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3414 Alm p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    viv., 142 hlm.: ill.;m 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170138
    Klasifikasi
    S3414 Alm p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Jatinangor merupakan salah satu kecamatan di Jawa Barat yang masih mengalami berbagai permasalahan sosial-ekonomi. Akibatnya, banyak siswa SMP yang berasal dari latar belakang Status Sosial-Ekonomi (SES) rendah. Berbagai penelitian menemukan bahwa siswa dengan SES rendah memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami kegagalan akademik. Hal ini karena siswa dengan SES rendah menghadapi lebih banyak hambatan dan keterbatasan yang menimbulkan kesulitan untuk dapat mempertahankan kemauan dalam menjalani pendidikan mereka secara optimal. Motivasi otonom menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan pencapaian akademik siswa SMP dengan SES rendah tersebut. Siswa dengan motivasi otonom yang tinggi akan memiliki dorongan yang lebih besar untuk dapat mencapai keberhasilan di sekolah terlepas dari berbagai tantangan yang mungkin dihadapi. Salah satu yang memegang peran penting dalam meningkatkan dan mempertahankan motivasi otonom siswa adalah orang tua. Orang tua yang terlibat dalam pendidikan anaknya akan membantu siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai mengenai pentingnya pendidikan dan juga membantu meningkatkan minat dan rasa senang siswa terhadap proses belajar itu sendiri. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari bentuk-bentuk keterlibatan orang tua terhadap motivasi otonom siswa dengan SES rendah di Jatinangor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan non-eksperimental dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan data dilakukan melalui kuesioner online dengan teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah responden penelitian ini (n=122) yang merupakan siswa kelas 7 SMPN X Jatinangor. Analisis data dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa school involvement, cognitive involvement, dan personal involvement secara bersama-sama dapat mempengaruhi motivasi otonom siswa. Sumbangan efektif yang diberikan ketiga bentuk keterlibatan tersebut adalah sebesar 7.4%. Sementara itu, nilai signifikansi secara independen untuk setiap tipe keterlibatan menunjukkan bahwa cognitive involvement memiliki pengaruh paling signifikan terhadap motivasi otonom.
    Kata kunci : Keterlibatan orang tua, motivasi otonom, ses rendah, sekolah menengah pertama"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi