Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] RANCANGAN PSIKOEDUKASI KESEHATAN MENTAL MELALUI APLIKASI ANDROID “SEDUH KOPI” UNTUK MENINGKATKAN HELP-SEEKING INTENTION PADA MAHASISWA PROGRAM SARJANA


"ABSTRAK
Saat ini, permasalahan kesehatan mental di Indonesia masih sulit teratasi. Banyak mahasiswa yang kesulitan dalam mengatasi masalah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042021T0732T0732 Ang rPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPADTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0732 Ang r
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    x., 142 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420180029
    Klasifikasi
    T0732 Ang r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Saat ini, permasalahan kesehatan mental di Indonesia masih sulit teratasi. Banyak mahasiswa yang kesulitan dalam mengatasi masalah kesehatan mentalnya namun enggan untuk mencari bantuan profesional. Salah satu penyebabnya karena literasi kesehatan mental yang masih kurang. Untuk mengatasinya, diperlukan psikoedukasi kesehatan mental. Seiring berkembangnya teknologi, psikoedukasi yang diberikan dalam bentuk media online teruji sebagai metode intervensi yang inovatif dan praktis. Sehingga, psikoedukasi dapat diaplikasikan dalam bentuk aplikasi android “Seduh Kopi” yang dirancang berdasarkan komponen-komponen dalam Literasi Kesehatan Mental.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi android “Seduh Kopi” dapat diterima untuk digunakan oleh mahasiswa program sarjana atau tidak. Desain penelitian yang digunakan adalah evaluasi program intervensi dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari dua tahap, yaitu rancangan intervensi dan uji coba rancangan intervensi. Penelitian ini merupakan penelitian awal yang menjadi dasar bagi penelitian selanjutnya untuk mengukur efektifitas aplikasi “Seduh Kopi” untuk meningkatkan help-seeking intention pada mahasiswa program sarjana. Sehingga, evaluasi program intervensi dalam penelitian ini hanya sampai tahap uji coba. Expert review dilakukan oleh 5 orang ahli yang memiliki latar belakang profesi Programmer, Visual designer, dan Psikolog Klinis.
    Hasil expert review rancangan intervensi menunjukkan bahwa aplikasi android Seduh Kopi dapat diterima dengan baik. Sementara itu, hasil uji coba rancangan yang dilakukan secara online kepada 34 mahasiswa program sarjana, menunjukkan bahwa aplikasi android “Seduh Kopi” dapat diterima untuk digunakan oleh mahasiswa program sarjana. Selain itu, aplikasi android “Seduh Kopi” juga dapat menambah pengetahuan pengguna mengenai kesehatan mental, membuat pengguna lebih terdorong untuk mencari bantuan, dan membuat pengguna ingin menggunakan kembali aplikasi tersebut. Sayangnya pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan selama pandemic covid-19, sehingga penelitian hanya sampai pada tahap uji coba rancangan. sehinggaSaran untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya aplikasi android “Seduh Kopi” dikembangkan dengan menambahkan informasi dan fitur baru, serta memperbaiki tampilan agar lebih menarik.
    Kata kunci: Aplikasi Android, , Help-seeking Intention, Literasi Kesehatan Mental, Mahasiswa, Psikoedukasi"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi