Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN SOSIAL DAN PROBLEMATIC INTERNET USE (PIU) PADA MAHASISWA


"ABSTRAK
Penggunaan internet pada mahasiswa meningkat secara cepat. Penggunaan internet pada mahasiswa tidak hanya digunakan untuk akses yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3419S3419 Muh hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3419 Muh h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xviii., 128 hlm.: ill.; 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170156
    Klasifikasi
    S3419 Muh h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Penggunaan internet pada mahasiswa meningkat secara cepat. Penggunaan internet pada mahasiswa tidak hanya digunakan untuk akses yang positif saja, tetapi juga banyak permasalahan pada penggunaan internet mahasiswa. Penggunaan internet bermasalah sering disebut dengan Problematic Internet Use (PIU). Salahsatu yang dapat menjadi penyebab dari PIU adalah kecemasan sosial yang pada dasarnya banyak mengganggu berbagai aspek kehidupan, salahsatunya adalah aspek akademik. Banyak penelitian yang sudah dilakukan, namun masih banyak pula keterbatasan dari penelitian sebelumnya untuk dilakukan perbaikan pada penelitian selanjutnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kecemasan sosial dan Problematic Internet Use (PIU) pada mahasiswa.
    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan non-eksperimental, yaitu penelitian korelasional. Partisipan penelitian ini adalah 137 mahasiswa Universitas Padjadjaran angkatan aktif 2017 – 2020 yang diperoleh menggunakan teknik two-stage cluster sampling. Kecemasan sosial diukur menggunakan Liebowitz Sosial Anxiety Scale – Self Report (24 aitem) yang diadaptasi kedalam Bahasa Indonesia dan PIU diukur menggunakan Indonesia Problematic Internet Use (63 aitem). Kedua alat ukur tersebut diberikan dalam bentuk google form.
    Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan positif antara kecemasan sosial dan PIU (p=0.000, r=0.344) yang berkategori lemah. Hal ini berarti semakin tinggi kecemasan sosial, maka semakin tinggi pula PIU pada responden. Hal ini terjadi karena pada mahasiswa yang memiliki kecemasan sosial ditambah dengan adanya kebutuhan untuk bersosialisasi, akan mencari media alternatif supaya kemungkinan untuk dinilai atau diperhatikan lebih kecil. Oleh karena itu, mereka akan memilih internet sebagai media komunikasi.
    Kata kunci: kecemasan sosial, problematic internet use, mahasiswa"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi