Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)


ABSTRAK
Autism Spectrum Disorder merupakan gangguan perkembangan khususnya terkait komunikasi, interkasi, dan memiliki perilaku berulang. Anak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3421S3421 Gab hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3421 Gab h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xvii., 126 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170035
    Klasifikasi
    S3421 Gab h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Autism Spectrum Disorder merupakan gangguan perkembangan khususnya terkait komunikasi, interkasi, dan memiliki perilaku berulang. Anak dengan ASD juga menempuh jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA dan melalui sekolah inklusi. Pada usia 13-15 tahun, anak memasuki jenjang SMP dan masa remaja. Saat memasuki masa SMP, anak dengan ASD harus mengalami masa transisi dan mengalami pembelajaran di sekolah yang mungkin saja terganggu akibat gejala autisme yang dimiliki. Keadaan ASD adalah keadaan seumur hidup sehingga lebih banyak melibatkan orang tua terutama dalam aspek pendidikan. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan memiliki berbagai manfaat salah satunya pada aspek prestasi akademik. Prestasi akademik menjadi salah satu aspek penting bagi anak dengan ASD untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterlibatan orang tua dan prestasi akademik siswa SMP dengan ASD. Konsep teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Parental Involvement (Kathleen V. Hoover-Dempsey & Sandler, 1997) dan Academic Achievement (Winkel, 1991). Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan non-eksperimental dengan menggunakan metode analisis korelasi. Teknik pengambilan data melalui kuesioner online dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah responden penelitian ini (n=12) yang merupakan ibu dari siswa SMP dengan ASD yang bersekolah di sekolah inklusi. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan secara negatif antara faktor keterlibatan orang tua dan prestasi akademik siswa. Artinya, semakin tinggi faktor keterlibatan orang tua maka semakin rendah prestasi akademik anak. Faktor yang memiliki hubungan negatif secara signifikan khususnya adalah faktor parents’ motivational belief, artinya semakin tinggi keyakinan orang tua bahwa ia harus aktif terlibat dan tahu apa yang ia lakukan untuk mendukung pendidikan anaknya maka semakin rendah prestasi akademik anak.
    Kata kunci: Keterlibatan Orang Tua, Prestasi Akademik, Siswa SMP, Autism Spectrum Disorde
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi