Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN ENTREPRENEURIAL SELF EFFICACY (ESE) PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN


"ABSTRAK
Kewirausahaan adalah hal penting untuk dilakukan oleh mahasiswa khususnya untuk membuka lapangan pekerjaan. Hal ini juga menjadi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3446S3446 Cha gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    -
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 104 hlm.: ill.; 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170058
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Kewirausahaan adalah hal penting untuk dilakukan oleh mahasiswa khususnya untuk membuka lapangan pekerjaan. Hal ini juga menjadi salah satu harapan Rektor Unpad yang mengatakan bahwa lulusan Unpad diharapkan untuk siap, yakin, dan mampu untuk berwirausaha. Berdasarkan data awal dan literatur, didapatkan bahwa Entrepreneurial Self Efficacy (ESE) adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang mahasiswa agar nantinya dapat berwirausaha dengan baik. ESE ini dapat diperoleh salah satunya lewat mata kuliah kewirausahaan. Akan tetapi, ditemukan bahwa mahasiswa Indonesia tidak memiliki ESE yang cukup kuat walaupun memiliki keinginan untuk berwirausaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran ESE pada mahasiswa Unpad.
    Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimental dengan studi deskriptif. Penelitian dilakukan kepada 238 responden mahasiswa aktif Unpad angkatan 2016-2017 yang sudah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling two stages. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian secara online.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, sebesar 87% responden mahasiswa Unpad tergolong pada ESE yang kuat. Skor rata-rata pada kategori ESE kuat dapat dikatakan tinggi, di mana dimensi yang memberikan kontribusi dominan adalah developing new product and market opportunities. Terdapat perbedaan yang signifikan pada skor rata-rata ESE secara keseluruhan antara kategori jenis kelamin (laki-laki lebih tinggi) dan rumpun keilmuan, sedangkan tidak terdapat perbedaan signifikan pada kategori latar belakang pekerjaan orang tua. Pada kategori rumpun keilmuan, skor rata-rata ESE pada rumpun agrokompleks dan sosial humaniora lebih tinggi secara signifikan dibandingkan pada rumpun kesehatan.
    Kata Kunci: Entrepreneurial Self Efficacy (ESE), Pendidikan kewirausahaan, Mahasiswa"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi