Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA RELASI ORANGTUA-ANAK DENGAN PERILAKU SCHOOL BULLYING PADA REMAJA"


"ABSTRAK
School bullying merupakan suatu permasalahan terkait perilaku agresi siswa
yang marak terjadi di setiap sekolah dengan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3453S3453 Pie hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3453 Pie h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiii., 180 hlm.: ill.; 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170056
    Klasifikasi
    S3453 Pie h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    School bullying merupakan suatu permasalahan terkait perilaku agresi siswa
    yang marak terjadi di setiap sekolah dengan prevalensi yang lebih tinggi pada
    kelompok remaja jika dibandingkan dengan tahapan perkembangan lainnya. Topik
    yang kerapkali dikaitkan dengan school bullying di Indonesia adalah pola asuh
    orangtua, namun konsep tersebut tidak dapat menggambarkan relasi yang terjadi di
    antara ayah-anak dan ibu-anak secara rinci melainkan disatukan ke dalam beberapa
    tipe pola asuh. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan relasi orangtua-anak
    untuk melihat school bullying dalam konteks keluarga secara lebih mendasar yaitu
    bagaimana relasi antara ayah maupun ibu dengan anak berhubungan dengan
    perilaku school bullying.
    Relasi Keluarga Bandung (TRK-B) dan adaptasi Bahasa Indonesia
    Adolescent Peer Relations Instrument-Bully/Target (APRI-BT) digunakan untuk
    mengukur kedua variabel yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian
    non-eksperimental dengan metode korelasional digunakan untuk menjawab
    pertanyaan penelitian ini. Sebanyak 60 siswa SMP dan SMA di Jawa Barat yang
    pernah terlibat dalam school bullying berpartisipasi dalam penelitian ini
    menggunakan convenience sampling. Penelitian dilakukan secara daring dengan
    menyebarkan kuesioner dalam GoogleForm melalui berbagai media sosial.
    Penelitian ini menemukan hubungan yang signifikan antara relasi ayah-anak
    dengan perilaku yang dilakukan siswa dalam school bullying dalam hal
    pembatasan, afeksi, keadilan, pengakuan, dan kepercayaan. Relasi ibu-anak pun
    ditemukan berhubungan secara signifikan dengan perilaku yang dilakukan siswa
    dalam school bullying dalam hal pembatasan, keadilan, dan pengakuan. Selain itu,
    relasi ayah-anak berhubungan secara signifikan dengan perilaku yang dialami siswa
    dalam school bullying dalam hal pembatasan dan kepercayaan. Relasi ibu-anak pun
    ditemukan berhubungan secara signifikan dengan perilaku yang dialami siswa
    dalam school bullying dalam hal pembatasan, keadilan, pengakuan, dan
    kepercayaan. Sementara kepekaan dalam relasi orangtua-anak tidak berhubungan
    secara signifikan baik dengan perilaku yang dilakukan maupun dialami siswa dalam
    school bullying. Hasil tersebut menunjukkan bahwa relasi yang terjalin antara
    orangtua dan siswa sebagai kelompok responden berhubungan dengan kemunculan
    perilaku baik yang dilakukan maupun dialami mereka dalam school bullying.
    Kata Kunci : Relasi Orangtua-Anak, School Bullying, Remaja"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi