Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA RELASI ORANGTUA-ANAK DENGAN PERILAKU SCHOOL BULLYING PADA REMAJA"
"ABSTRAK
School bullying merupakan suatu permasalahan terkait perilaku agresi siswa
yang marak terjadi di setiap sekolah dengan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012021S3453 S3453 Pie h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3453 Pie hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2021 Deskripsi Fisik xiii., 180 hlm.: ill.; 30 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110170056Klasifikasi S3453 Pie hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab PIETRA SHAFIRA -
"ABSTRAK
School bullying merupakan suatu permasalahan terkait perilaku agresi siswa
yang marak terjadi di setiap sekolah dengan prevalensi yang lebih tinggi pada
kelompok remaja jika dibandingkan dengan tahapan perkembangan lainnya. Topik
yang kerapkali dikaitkan dengan school bullying di Indonesia adalah pola asuh
orangtua, namun konsep tersebut tidak dapat menggambarkan relasi yang terjadi di
antara ayah-anak dan ibu-anak secara rinci melainkan disatukan ke dalam beberapa
tipe pola asuh. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan relasi orangtua-anak
untuk melihat school bullying dalam konteks keluarga secara lebih mendasar yaitu
bagaimana relasi antara ayah maupun ibu dengan anak berhubungan dengan
perilaku school bullying.
Relasi Keluarga Bandung (TRK-B) dan adaptasi Bahasa Indonesia
Adolescent Peer Relations Instrument-Bully/Target (APRI-BT) digunakan untuk
mengukur kedua variabel yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian
non-eksperimental dengan metode korelasional digunakan untuk menjawab
pertanyaan penelitian ini. Sebanyak 60 siswa SMP dan SMA di Jawa Barat yang
pernah terlibat dalam school bullying berpartisipasi dalam penelitian ini
menggunakan convenience sampling. Penelitian dilakukan secara daring dengan
menyebarkan kuesioner dalam GoogleForm melalui berbagai media sosial.
Penelitian ini menemukan hubungan yang signifikan antara relasi ayah-anak
dengan perilaku yang dilakukan siswa dalam school bullying dalam hal
pembatasan, afeksi, keadilan, pengakuan, dan kepercayaan. Relasi ibu-anak pun
ditemukan berhubungan secara signifikan dengan perilaku yang dilakukan siswa
dalam school bullying dalam hal pembatasan, keadilan, dan pengakuan. Selain itu,
relasi ayah-anak berhubungan secara signifikan dengan perilaku yang dialami siswa
dalam school bullying dalam hal pembatasan dan kepercayaan. Relasi ibu-anak pun
ditemukan berhubungan secara signifikan dengan perilaku yang dialami siswa
dalam school bullying dalam hal pembatasan, keadilan, pengakuan, dan
kepercayaan. Sementara kepekaan dalam relasi orangtua-anak tidak berhubungan
secara signifikan baik dengan perilaku yang dilakukan maupun dialami siswa dalam
school bullying. Hasil tersebut menunjukkan bahwa relasi yang terjalin antara
orangtua dan siswa sebagai kelompok responden berhubungan dengan kemunculan
perilaku baik yang dilakukan maupun dialami mereka dalam school bullying.
Kata Kunci : Relasi Orangtua-Anak, School Bullying, Remaja"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.