Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN READINESS FOR DISTANCE ONLINE LEARNING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN YANG MENJALANI ONLINE LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19


"ABSTRAK
Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan dari pembelajaran tatap muka menjadi online learning yang membutuhkan kesiapan untuk berjalan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3459S3459 Adz gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3459 Adz g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiii., 120 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110140086
    Klasifikasi
    S3459 Adz g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan dari pembelajaran tatap muka menjadi online learning yang membutuhkan kesiapan untuk berjalan dengan baik. Hal ini terjadi di tingkat universitas, salah satunya Universitas Padjadjaran. Penelitian ini dilakukan untuk melihat kesiapan mahasiswa Universitas Padjadjaran dalam menghadapi online learning selama masa pandemi COVID-19.
    Partisipan penelitian ini ialah 105 mahasiswa Universitas Padjadjaran yang menjalani online learning selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster sampling dengan metode double-stage cluster sampling. Alat ukur yang digunakan diadaptasi oleh peneliti berdasarkan online learning readiness scale oleh Hung et al. (2010). Reliabilitas alat ukur dapat diandalkan dengan α = 0,896, dan validitas melalui content validity dengan expert judgement.
    Hasil dari penelitian ini ialah online learning readiness mahasiswa Universitas Padjadjaran berada pada tingkat sedang (M=3,56, SD=0,50), yang berarti mahasiswa Universitas Padjadjaran sudah cukup siap untuk melaksanakan online learning namun kesiapan masih bisa ditingkatkan agar optimal. Kesiapan tertinggi berada pada dimensi computer/internet self-efficacy, dimana mahasiswa Universitas Padjadjaran merasa percaya diri dalam mengoperasikan fungsi dasar komputer dan internet. Sedangkan, dimensi learner control menunjukkan kesiapan yang lebih rendah dari dimensi lainnya. Sehingga diperlukan perhatian khusus untuk meningkatkan kesiapan kontrol mahasiswa atas belajarnya. Jenis kelamin, lama semester kuliah, dan fakultas tidak menjadi pengaruh yang signifikan terhadap online learning readiness.
    Kata Kunci: Online Learning Readiness, Mahasiswa, Online Learning, COVID-19"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi