Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN STIGMA MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN SKIZOFRENIA DI JAWA BARAT


"ABSTRAK
Stigma dapat memengaruhi kualitas hidup orang dengan skizofrenia. Hasil riset di Indonesia dan khususnya di Jawa Barat menunjukkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3464S3464 Hai gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3464 Hai g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    iv., 274 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170071
    Klasifikasi
    S3464 Hai g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Stigma dapat memengaruhi kualitas hidup orang dengan skizofrenia. Hasil riset di Indonesia dan khususnya di Jawa Barat menunjukkan bahwa prevalensi gangguan jiwa berat (skizofrenia) semakin meningkat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stigma terhadap orang dengan skizofrenia di Jawa Barat.
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei secara daring. Alat ukur yang digunakan adalah Attribution Questionnaire (AQ-27) yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Kriteria sampel yaitu masyarakat Jawa Barat yang berusia 18 tahun ke atas. Jumlah responden yang ikut serta dalam penelitan ini adalah 310 orang.
    Hasil penelitian ini menunjukkan urutan faktor stigma dengan dukungan tertinggi hingga dukungan terendah yaitu pity (M=21,48, SD=3,4), help (M=19,85, SD=3,9), coercion (M=18,45, SD=4,6), segregation (M=15,15, SD=5,2), blame (M=14,72, SD=3,1), avoidance (M=13,96, SD=4,5), dangerousness (M=12,91, SD=5,1), fear (M=12,47, SD=5,75), dan anger (M=9,5, SD=4,8). Pity dan help merupakan faktor-faktor yang paling didukung. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa responden lebih menunjukkan sikap positif terhadap orang dengan skizofrenia. Akan tetapi, responden juga menunjukkan sikap negatif berupa kesetujuan terhadap stereotip blame dan dangerousness, reaksi emosi negatif fear dan anger, serta kecenderungan terhadap perilaku coercion, segregation, dan avoidance. Selain itu, ditemukan perbedaan faktor-faktor stigma dalam beberapa kelompok sosiodemografi.
    Limitasi penelitian ini yaitu tidak menggunakan teknik sampling probabilitas sehingga hasil penelitian tidak dapat digeneralisasikan. Kemudian, social desirability effect mungkin memengaruhi hasil penelitian ini. Selain itu, perbandingan faktor-faktor stigma antar kelompok sosiodemografi dilakukan dengan jumlah responden yang tidak proporsional.
    Kata kunci: stigma, stigma masyarakat, orang dengan skizofrenia"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi