Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA IKATAN ORANG TUA-ANAK DENGAN ASERTIVITAS PADA MAHASISWA


"ABSTRAK
Mahasiswa adalah individu yang berada pada fase dewasa awal, yaitu tahap perkembangan pada fase ini terbentuk melalui pemahaman diri ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3500S3500 Fai hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3500 Fai h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xvi., 110 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170008
    Klasifikasi
    S3500 Fai h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Mahasiswa adalah individu yang berada pada fase dewasa awal, yaitu tahap perkembangan pada fase ini terbentuk melalui pemahaman diri dalam konteks hubungan interpersonal. Mahasiswa dihadapkan pada tuntutan dan peran baru yang dapat diwujudkan dalam kegiatan akademik, organisasi, dan masyarakat di masyarakat sehingga harus memiliki kemampuan menjalin hubungan interpersonal yang kuat dalam lingkungan sosialnya. Salah satu hal yang dapat membantu mahasiswa dalam menjalin hubungan interpersonal adalah asertivitas. Asertivitas adalah kemampuan individu untuk mengungkapkan perasaan secara tulus dan kemampuan untuk mengatakan 'tidak'. Dengan asertivitas, mahasiswa dapat mengurangi konflik interpersonal dan dapat membantu meningkatkan adaptasi terhadap lingkungannya. Dalam mengembangkan kemampuan asertivitas, terdapat peran penting dari ikatan orang tua melalui care dan overprotection dari orang tua yang terdiri dari ikatan ayah dan ikatan ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dimensi-dimensi ikatan orang tua yaitu care dan overprotection, khususnya ayah-anak dan ibu-anak dengan asertivitas.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan non-eksperimental dengan metode korelasional dengan alat ukur Parental Bonding Instrument (PBI) dan Rathus Assertiveness Schedule (RAS). Data dikumpulkan melalui kuesioner daring. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 110 mahasiswa Universitas Padjadjaran yang tinggal bersama ayah dan ibunya selama 16 tahun pertama kehidupannya. Analisis korelasi dilakukan dengan menggunakan metode korelasi Pearson Product Moment dan korelasi Rank Spearman.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang ditemukan pada dimensi pengasuhan ayah dengan asertivitas. (r = .288; p = .002). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengasuhan ayah berpengaruh terhadap tingkat asertivitas yang dimiliki oleh mahasiswa.
    Kata kunci: ikatan orang tua-anak, care, overprotection, asertivitas, mahasiswa"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi