Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN ONLINE TEACHING EFFICACY GURU SMA Gambaran Online Teaching Efficacy Guru SMAN di Kota Bandung Selama Pembelajaran Jarak Jauh


"ABSTRAK
Transisi metode pembelajaran dikarenakan COVID-19 yang mendadak terjadi, memunculkan berbagai hambatan dan tantangan terutama bagi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3502S3502 Fat gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3502 Fat g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiii., 138 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170091
    Klasifikasi
    S3502 Fat g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Transisi metode pembelajaran dikarenakan COVID-19 yang mendadak terjadi, memunculkan berbagai hambatan dan tantangan terutama bagi guru sebagai pendidik. Teachers’ self-efficacy dianggap sebagai hal yang wajib dimiliki guru untuk dapat beradaptasi dengan pengajaran online selama masa penutupan sekolah karena COVID-19 (König et al., 2020). Informasi terkait teacher self-efficacy menjadi penting terutama pada guru SMA, karena merupakan jenjang pendidikan terakhir mayoritas penduduk Kota Bandung. Berdasarkan hasil wawancara pada guru SMAN di Kota Bandung, ditemukan adanya perbedaan terkait efikasi dalam menjalankan kelas online. Peneliti tertarik untuk melihat gambaran tingkat online teaching efficacy guru SMA Negeri di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan kuesioner Michigan Nurse Educators Sense of Efficacy for Online Teaching. Partisipan dari penelitian ini adalah 43 guru SMAN di Kota Bandung yang dipilih dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum, guru SMAN di Kota Bandung yang menjadi responden dalam penelitian ini berada pada kategori tinggi, baik pada online teaching efficacy secara keseluruhan maupun dalam setiap dimensinya. Hal ini menunjukkan guru SMAN di Kota Bandung yang menjadi responden dalam penelitian ini, memiliki keyakinan tinggi dalam mengajar di kelas online. Keyakinan tinggi terhadap kemampuan mengajar di kelas online membuat guru akan terus berusaha memotivasi siswa dan akan berusaha dalam menyelesaikan masalah belajar siswa. Guru juga akan mampu untuk memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran yang tepat untuk kelas online. Guru akan cenderung lebih gigih dalam menghadapi kesulitan dalam mengajar dan mencoba lebih banyak strategi kreatif untuk membantu siswa. Kontrol dalam kelas online yang dilakukan guru akan cenderung menggunakan cara persuasif dibandingkan kontrol otoriter. Pemilihan dan penggunaan teknologi untuk pembelajaran juga akan lebih tepat.
    Kata Kunci: Online Teaching, Teacher Efficacy, Guru"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi