Text
[TESIS] PENGARUH PERSEPSI DIRI DITOLAK TERHADAP IDE BUNUH DIRI YANG DIMODERATORI TINGKAT NEUROTICISM
"ABSTRAK
Angka bunuh diri tinggi di Indonesia terutama pada kalangan usia mahasiswa sarjana. Tingkah laku bunuh
diri merupakan cara ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19042021T0751 T0751 Loo p Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil T0751 Loo pPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2021 Deskripsi Fisik xv., 86 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190420180043Klasifikasi T0751 Loo pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik TESISPernyataan Tanggungjawab LOORA -
"ABSTRAK
Angka bunuh diri tinggi di Indonesia terutama pada kalangan usia mahasiswa sarjana. Tingkah laku bunuh
diri merupakan cara penyelesaian masalah yang negatif dan menunjukkan tingkat kesehatan mental
mahasiswa yang buruk. Percobaan bunuh diri tentunya bermula dari adanya ide bunuh diri yang dipengaruhi
oleh faktor kepribadian dan proses kognisi yang maladaptif. Penelitian ini dilakukan untuk melihat
hubungan persepsi diri ditolak oleh orang tua terhadap ide bunuh diri dan peran moderasi tingkat
neuroticism di dalam hubungan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode yang
digunakan adalah metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan alat ukur yang terdiri dari Egna Minnen
Beträffande Uppfostran / EMBU-A (My Memories of Upbringing), Big Five Inventory - 44, dan Scale for
Suicide Ideation yang sudah diadaptasikan untuk dipergunakan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tingkat neuroticism tidak berperan sebagai moderator, tetapi sebagai variabel independen yang dapat
secara langsung memprediksi ide bunuh diri secara signifikan. Persepsi diri ditolak juga ditemukan sebagai
prediktor yang signifikan dari ide bunuh diri pada mahasiswa dan lebih kuat dibanding tingkat neuroticism.
Kata Kunci: Persepsi Diri Ditolak; Tingkat Neuroticism; Ide bunuh Diri"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.