Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA DUAL-EARNER COUPLE DI KOTA BANDUNG DENGAN USIA PERNIKAHAN DI BAWAH LIMA TAHUN


"ABSTRAK
Pada dasarnya, setiap pasangan suami-istri menginginkan kehidupan rumah tangga yang harmonis. Salah satu aspek dalam kehidupan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3519S3519 Mut gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3519 Mut g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 198 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160016
    Klasifikasi
    S3519 Mut g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Pada dasarnya, setiap pasangan suami-istri menginginkan kehidupan rumah tangga yang harmonis. Salah satu aspek dalam kehidupan pernikahan yang diperlukan untuk mencapai hal tersebut adalah kepuasan pernikahan, yaitu penilaian subjektif individu terhadap berbagai aspek dalam kehidupan pernikahannya. Hingga saat ini, jumlah perempuan yang bekerja terus meningkat di Indonesia, salah satunya di Kota Bandung sebagai salah satu kota dengan penduduk bekerja terbanyak di Jawa Barat. Meningkatnya jumlah perempuan bekerja juga menyebabkan peningkatan pada jumlah pasangan suami-istri yang bekerja atau dual-earner couple terus meningkat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kondisi dual-earner couple dapat mempengaruhi dinamika kehidupan pernikahan, salah satunya kepuasan pernikahan.
    Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai tingkat kepuasan pernikahan pada dual-earner couple di Kota Bandung, khususnya yang memiliki usia pernikahan di bawah 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur ENRICH Marital Satisfaction Scale (EMS; Fowers & Olson, 1993) yang diadaptasi ke bahasa Indonesia oleh peneliti, terdiri dari 15 pernyataan tertutup. Kuesioner ini memiliki reliabilitas 0,834 yang menunjukkan bahwa alat ukur ini dapat diandalkan. Hasil uji validitas konstruk menggunakan analisis CFA juga menunjukkan nilai uji kecocokan p-value sebesar 0,16 dan RMSEA sebesar 0,05. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 62 partisipan yang merupakan 31 pasangan dual-earner dengan usia pernikahan di bawah 5 tahun dan berdomisili di Kota Bandung.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar partisipan (77,4%) terdiri dari 25 suami dan 23 istri, memiliki tingkat kepuasan pernikahan yang tinggi. Sementara, 22,6% lainnya (6 suami dan 8 istri) memiliki tingkat kepuasan pernikahan yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar partisipan memiliki evaluasi yang positif terhadap kehidupan pernikahannya, meliputi perasaan bahagia, puas, dan pengalaman menyenangkan yang dialami bersama pasangan. Dari sepuluh dimensi yang mendukung kepuasan pernikahan, didapatkan bahwa dimensi hubungan seksual memiliki rata-rata skor tertinggi, yang mengindikasikan bahwa partisipan memiliki evaluasi yang positif terhadap hubungan afeksional dan seksualnya, dan merasa puas dengan cara pasangannya mengungkapkan kasih sayang dan berhubungan seksual. Hasil uji beda yang dilakukan terhadap skor kepuasan pernikahan berdasarkan faktor demografis menunjukkan bahwa faktor kehadiran anak dan keberadaan asisten rumah tangga (ART) memberikan perbedaan yang signifikan pada kepuasan pernikahan.
    Kata kunci : kepuasan pernikahan, dual-earner couple, usia pernikahan di bawah 5 tahun"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi