Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] STUDI KORELASI MENGENAI RELIGIUSITAS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA ISLAMIC BOARDING SCHOOL"


"school merupakan lembaga pendidikan yang
mengintegrasikan pembelajaran nilai-nilai agama Islam dan nilai-nilai akademik
dengan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3544S3544 Jas sPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3544 Jas s
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xv., 77 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170070
    Klasifikasi
    S3544 Jas s
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "school merupakan lembaga pendidikan yang
    mengintegrasikan pembelajaran nilai-nilai agama Islam dan nilai-nilai akademik
    dengan menempatkan para siswanya untuk tinggal bersama dalam lingkungan
    asrama. Lingkungan agamis tersebut dapat menyebabkan tingginya religiusitas
    pada siswa. Beberapa studi menunjukkan adanya hubungan positif antara
    religiusitas dengan student engagement serta ketiga dimensinya (behavioral
    engagement, emotional engagement, cognitive engagement). Namun, belum ada
    studi terkait yang meneliti dalam konteks umat beragama Islam khususnya di
    Indonesia.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adanya hubungan antara
    religiusitas dan student engagement pada siswa Islamic boarding school. Penelitian
    ini menggunakan pendekatan non-eksperimental dengan metode korelasional.
    Pengambilan sampel dilakuan dengan menggunakan probability sampling jenis
    stratified random sampling sehingga didapatkan sejumlah 17 siswa perempuan dan
    23 siswa laki-laki (n = 40) sebagai responden. Penelitian dilakukan secara online
    dengan menyebarkan kuesioner The Centrality of Religious Scale (CRS) dan
    Student Engagement Measurement melalui Google Form. Hasilnya, ditemukan
    bahwa terdapat hubungan korelasi positif antara religiusitas dan dimensi emotional
    engagement (r = 0,415, p = 0,008). Sementara itu, religiusitas ditemukan tidak
    memiliki hubungan korelasi yang signifikan dimensi behavioral engagement (r =
    0,071, p = 0,664) dan cognitive engagement (r = 0,265, p = 0,099).
    Keywords: Islamic boarding school, religiusitas, student engagement, siswa"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi