Text
[SKRIPSI) HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY WORSHIP DAN SELF-ESTEEMPADA REMAJA PENGGEMAR K-POP
Pengidolaan terhadap selebriti K-Pop sedang marak terjadi pada remajaIndonesia. Perkembangan internet dan media sosial memudahkan penggemar
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012022S3632 S3632 Lat h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3632 Lat hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2022 Deskripsi Fisik xiV., 87 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110180082Klasifikasi S3632 Lat hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab LATHIFAH ASMUL HANI -
Pengidolaan terhadap selebriti K-Pop sedang marak terjadi pada remajaIndonesia. Perkembangan internet dan media sosial memudahkan penggemar
remaja untuk berinteraksi dan memeroleh informasi terkait selebriti K-Pop. Namun, kedekatan yang dirasakan penggemar melalui interaksi media dapat
mengarahkan pada obsesi terhadap selebriti K-Pop atau celebrity worship. Hal
tersebut nantinya dapat mengarah pada permasalahan self-esteem. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antaracelebrity worship dan dimensi-dimensinya dengan self-esteem. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatankuantitatif dan menggunakan metode korelasional. Subjek penelitianini
merupakan remaja penggemar K-Pop berusia 13-18 tahun, yangmengidentifikasikan diri sebagai penggemar K-Pop dan memiliki satu ataulebihselebriti K-Pop yang disukai. Melalui teknik convenience sampling diperolehsampel sebanyak 218 orang. Data diperoleh dengan menggunakan alat ukur
Celebrity Attitude Scale (CAS) dan Rosenberg’s Self-Esteem Scale (RSES). Kemudian data diuji menggunakan uji Pearson Product Moment. Dari hasil
penelitian ditemukan bahwa celebrity worship, dimensi entertainment social danborderline pathological memiliki hubungan negatif dengan self-esteem, sedangkan dimensi intense personal tidak memiliki hubungan dengan self-esteem. Kata Kunci : Celebrity Worship, Self-Esteem, Remaja, K-Pop -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.