Text
[TESIS] RANCANGAN PROGRAM PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU MENGENAI CARA MENGATASI PERILAKU AGRESIF YANG DITAMPILKAN ANAK DENGAN MODERATE INTELLECTUAL DISABILITY
Perilaku agresif umumnya muncul pada orang dengan mild dan moderate
intellectual disability. Perilaku agresif yang ditampilkan anak terutama ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19042018T0792 T0792 Dya r Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil T0792 Dya rPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2022 Deskripsi Fisik xvi., 203 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190420140029Klasifikasi T0792 Dya rTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik TESISPernyataan Tanggungjawab DYAH NITA FITRIANI -
Perilaku agresif umumnya muncul pada orang dengan mild dan moderate
intellectual disability. Perilaku agresif yang ditampilkan anak terutama pada anak
dengan moderate intellectual disability seringkali merupakan bentuk komunikasi
anak untuk menyampaikan apa yang ia inginkan atau apa yang ia rasakan
dikarenakan keterbatasan anak dalam berbahasa dan berkomunikasi. Perilaku
agresif ini perlu ditangani segera karena bila diabaikan, perilaku ini mungkin akan
menetap dan meningkat serta memiliki konsekuensi negatif bukan hanya untuk
anak namun orang-orang di sekitar anak. Perilaku agresif pada anak dengan
intellectual disability umumnya muncul dimediasi oleh perilaku orang lain di
sekitar anak. Respon yang diberikan orang lain terhadap perilaku agresif yang
ditampilkan anak dapat mempertahankan/memperkuat perilaku agresif tersebut.
Dari data survey awal menunjukan bahwa ibu baru memiliki pengetahuan untuk
mendiamkan/bersikap tenang saat menghadapi perilaku agresif anak, namun
hingga saat ini perlaku agresif anak masih muncul.
Oleh karena itu peneliti tergerak untuk merancang sebuah modul pelatihan
yang bertujuan meningkatkan pengetahuan ibu mengenai cara mengatasi perilaku
agresif yang ditampilkan anak dengan moderate intellectual disability. Dalam
merancang modul/program pelatihan ini terdapat dua tahapan yang dilakukan
yaitu tahap perancangan modul/program pelatihan dengan menggunakan
pendekatan instructional design serta konsep functional assessment &
intervention dan tahap kedua yaitu tahap uji coba keterbacaan modul/program
pelatihan yang dilakukan pada dua subjek penelitian yaitu ibu dengan usia 38 dan
49 tahun yang memiliki anak dengan moderate intellectual disabilities dengan
menggunakan pendekatan penelitian single group pretest posttest design.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan modul pelatihan untuk
meningkatkan pengetahuan ibu mengenai cara mengatasi perilaku agresif yang
ditampilkan anak dengan moderate intellectual disability. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 25% (subjek 1) dan
6% (subjek 2) pada pertemuan pertama dan peningkatan pengetahuan sebesar
10% (subjek 1) dan 5% (subjek 2) pada pertemuan kedua. Meskipun begitu,
terdapat beberapa perbaikan atau masukan yang dapat dipertimbangkan untuk
menyempurnakan modul/program pelatihan ini.
Kata Kunci: Moderate Intellectual disability, Perilaku Agresif, Pengetahuan Ibu, Pelatihan
Ibu, Instructional design -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.