Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] RANCANGAN PROGRAM PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU MENGENAI CARA MENGATASI PERILAKU AGRESIF YANG DITAMPILKAN ANAK DENGAN MODERATE INTELLECTUAL DISABILITY


Perilaku agresif umumnya muncul pada orang dengan mild dan moderate
intellectual disability. Perilaku agresif yang ditampilkan anak terutama ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042018T0792T0792 Dya rPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0792 Dya r
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xvi., 203 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420140029
    Klasifikasi
    T0792 Dya r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Perilaku agresif umumnya muncul pada orang dengan mild dan moderate
    intellectual disability. Perilaku agresif yang ditampilkan anak terutama pada anak
    dengan moderate intellectual disability seringkali merupakan bentuk komunikasi
    anak untuk menyampaikan apa yang ia inginkan atau apa yang ia rasakan
    dikarenakan keterbatasan anak dalam berbahasa dan berkomunikasi. Perilaku
    agresif ini perlu ditangani segera karena bila diabaikan, perilaku ini mungkin akan
    menetap dan meningkat serta memiliki konsekuensi negatif bukan hanya untuk
    anak namun orang-orang di sekitar anak. Perilaku agresif pada anak dengan
    intellectual disability umumnya muncul dimediasi oleh perilaku orang lain di
    sekitar anak. Respon yang diberikan orang lain terhadap perilaku agresif yang
    ditampilkan anak dapat mempertahankan/memperkuat perilaku agresif tersebut.
    Dari data survey awal menunjukan bahwa ibu baru memiliki pengetahuan untuk
    mendiamkan/bersikap tenang saat menghadapi perilaku agresif anak, namun
    hingga saat ini perlaku agresif anak masih muncul.
    Oleh karena itu peneliti tergerak untuk merancang sebuah modul pelatihan
    yang bertujuan meningkatkan pengetahuan ibu mengenai cara mengatasi perilaku
    agresif yang ditampilkan anak dengan moderate intellectual disability. Dalam
    merancang modul/program pelatihan ini terdapat dua tahapan yang dilakukan
    yaitu tahap perancangan modul/program pelatihan dengan menggunakan
    pendekatan instructional design serta konsep functional assessment &
    intervention dan tahap kedua yaitu tahap uji coba keterbacaan modul/program
    pelatihan yang dilakukan pada dua subjek penelitian yaitu ibu dengan usia 38 dan
    49 tahun yang memiliki anak dengan moderate intellectual disabilities dengan
    menggunakan pendekatan penelitian single group pretest posttest design.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan modul pelatihan untuk
    meningkatkan pengetahuan ibu mengenai cara mengatasi perilaku agresif yang
    ditampilkan anak dengan moderate intellectual disability. Hasil penelitian
    menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 25% (subjek 1) dan
    6% (subjek 2) pada pertemuan pertama dan peningkatan pengetahuan sebesar
    10% (subjek 1) dan 5% (subjek 2) pada pertemuan kedua. Meskipun begitu,
    terdapat beberapa perbaikan atau masukan yang dapat dipertimbangkan untuk
    menyempurnakan modul/program pelatihan ini.
    Kata Kunci: Moderate Intellectual disability, Perilaku Agresif, Pengetahuan Ibu, Pelatihan
    Ibu, Instructional design
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi