Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] RANCANGAN MODUL PELATIHAN INTRAPERSONAL DALAM MENGEMBANGKAN EMOTIONAL INTELLIGENCE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN SEMESTER 3-6


Idealnya mahasiswa memiliki school life balance, ditunjukkan dengan performa
akademik yang baik juga menikmati hubungan relasi yang sehat. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042022T0794T0794 Hal rPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0794 Hal r
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 380 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420180012
    Klasifikasi
    T0794 Hal r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Idealnya mahasiswa memiliki school life balance, ditunjukkan dengan performa
    akademik yang baik juga menikmati hubungan relasi yang sehat. Banyak faktor yang
    saling mempengaruhi school-life-balance membuat mahasiswa seringkali frustasi,
    stress, tidak tidak merasa nyaman dengan keadaannya. Salah satu cara individu
    menyelesaikan ketidaknyamanannya, yaitu pergi ke psikolog. Berdasarkan hasil data
    awal, masalah-masalah yang dirangkum oleh PKUP dan PIP, banyak mahasiswa yang
    bermasalah kurang memiliki skill-skill yang merujuk pada skill emotional intelligence.
    Dari hasil asesmen kebutuhan kepada 200 mahasiswa Unpad semester 3-6, dapat
    diambil kesimpulan dimensi intrapersonal perlu untuk dikuasai terlebih dahulu dalam
    mengembangkan emotional intelligence. Dalam mengembangkan emotional
    intelligence terlebih dimensi intrapersonal diperlukan proses belajar sampai tahap deep
    level thinking, yaitu individu menemukan makna dari materi yang diberikan. Untuk
    mencapai deep level mahasiswa perlu dilatih critical thinking, dan hal ini dapat dicapai
    dengan cara diberikan pelatihan. Waktu terbaik dalam melatih emotional intelligence
    melalui pelatihan berada pada usia ketika kuliah yaitu 18-23 tahun atau pada tahap
    individu sedang mengeksplorasi dunianya, yaitu pada semester 3-6.
    Perancangan intervensi dibuat dengan konten materi yang mengacu pada dimensi
    intrapersonal dengan acuan teori Bar-On, dengan metode penyampaian pelatihan yang
    mengacu pada active training. Tujuan dari pelatihan ini yaitu primary prevention atau
    desain intervensi untuk mencegah suatu masalah terjadi di dalam suatu kelompok. Di
    akhir, dilakukan evaluasi rancangan intervensi melalui diskusi panel yang terdiri dari
    tiga orang expert review, dengan kriteria penilaian mengacu kepada Criteria for
    Evaluating Treatment Guideline.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan modul pelatihan ini layak, namun masih
    dibutuhkan perbaikan untuk dapat dipakai secara praktis. Kelayakannya ini dilihat dari
    hasil evaluasi expert review dengan kesepakatan penilaian antar panelis dengan nilai
    reliabilitas (rwg 0,98) atau memiliki reliabilitas yang baik dan juga content validity.
    Sehingga, modul ini dapat dilanjutkan untuk pilot study atau studi efektivitas untuk
    melihat seberapa efektif rancangan pelatihan ini dalam mengembangkan emotional
    intelligence.
    Kata kunci: Active Training, College Student, Emotional Intelligence..
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi