Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] PERAN SUBJECTIVE TASK VALUE dan CLASSROOM MOTIVATIONAL CLIMATE TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SMA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


Penelitian ini untuk membuktikan subjective task value dan
classroom motivational climate memiliki peran terhadap student
engagement ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042021T0797T0797 Rid pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0797 Rid p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 114 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420170002
    Klasifikasi
    T0797 Rid p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini untuk membuktikan subjective task value dan
    classroom motivational climate memiliki peran terhadap student
    engagement siswa SMA di Bandung dalam mempelajari bahasa Indonesia.
    Pendekatan dari penelitian ini adalah kuantitatif. Alat ukur yang digunakan
    yaitu kuesioner classroom motivational climate CMCQ (Alonso, 2006) (18
    item) , kuesioner subjective task value yang diturunkan melalui teori
    (Eccles, 2005) (10 item) serta kuesioner student engagement dari (Skinner,
    2008) engagement vs disaffection (24 item). Penelitian ini populasinya
    siswa SMA di Bandung dengan menggunakan teknik sampling
    convenience, dan diperoleh sampel sebanyak 248 siswa SMA kisaran usia
    15 sampai 18 tahun yang bersekolah di Bandung. Hasil penelitian ini diuji
    menggunakan analisis regresi ganda (multiple regression).
    Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terjadi peran positif
    yang signifikan antara subjective task value dan classroom motivational
    climate sebesar 21.5% terhadap student engagement siswa SMA dalam
    mempelajari bahasa Indonesia di kelas . Dimensi dari subjective task value
    yang memiliki peran pada behavioral engagement yang cukup besar ialah
    attainment value (0,66), utility value (1,02) dan intrinsic value (1,02)
    sedangkan dimensi dari subjective task value yang peran pada emotional
    engagement yang cukup besar ialah attainment value (1,12) dan perceived
    cost (0,58). Dimensi dari classroom motivational climate yang memiliki
    peran pada behavioral engagement yang cukup besar ialah task (0,99),
    authority (0,92) dan evaluation and recognition (0,98), sedangkan dimensi
    dari classroom motivational climate yang memiliki peran pada emotional
    engagement yang cukup besar ialah task (1,07) dan evaluation and
    recognition (0,92).
    Kata Kunci : subjective task value, classroom motivational climate, student
    engagement, siswa SMA
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi