Text
[TESIS] Peran Dukungan Sosial terhadap Stress yang dimediasi oleh Self-Efficacy pada Guru di Kota Bandung Studi Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19
Penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan guru selama pelaksanaan
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena pandemi Covid-19 dapat meningkatkan
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19042022T0799 T0799 Tri p Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil T0799 Tri pPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2022 Deskripsi Fisik xii., 147 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190420170043Klasifikasi T0799 Tri pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik TESISPernyataan Tanggungjawab TRI DINI OKTARINA -
Penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan guru selama pelaksanaan
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena pandemi Covid-19 dapat meningkatkan
beban kerja guru dan membuat guru merasa stres. Dukungan sosial mampu
menurunkan stres yang dirasakan guru. Efikasi juga diketahui dapat menurunkan
stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh model yang
menggambarkan dinamika peran dukungan sosial terhadap stres yang dimediasi
oleh efikasi pada guru di kota Bandung yang melaksanakan PJJ di masa Pandemi
Covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental. Data penelitian
bersifat kuantitatif dan diperoleh menggunakan google form yang disebarkan
melalui media sosial. Pengambilan data dilakukan pada bulan September hingga
November 2020. Dengan menggunakan metode convenience sampling, didapatkan
285 partisipan yang merupakan guru SD, SMP, dan SMA/SMK Negeri di Kota
Bandung yang melaksanakan PJJ selama masa pandemi Covid-19. Variabel pada
penelitian ini diukur menggunakan adaptasi kuesioner Multidimensional Scale
Perceived Social Support, kuesioner Teacher Stress Inventory – Revised, dan
kuesioner Teacher Self Efficacy Scale – Short form. Data yang didapatkan diolah
dengan metode analisis mediasi sederhana.
Pada penelitian ini terbukti bahwa dukungan sosial yang diperoleh guru dari
keluarga, teman, rekan guru, dan kepala sekolah secara bersama-sama dapat
menurunkan stres melalui mediasi efikasi. Sementara dukungan yang diperoleh
guru dari salah satu pihak saja tidak terbukti menurunkan stres melalui mediasi
efikasi. Dengan demikian, dukungan dari satu sumber saja tidak cukup untuk
menurunkan stres guru SD, SMP, dan SMA/SMK Negeri di Kota Bandung yang
melaksanakan PJJ selama masa pandemi Covid-19 melainkan butuh dukungan dari
seluruh sumber, dalam hal ini dari keluarga, teman, rekan guru, dan kepala sekolah.
Kata Kunci : dukungan sosial, efikasi guru, stres guru, pembelajaran jarak jauh -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.