Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] Peran Dukungan Sosial terhadap Stress yang dimediasi oleh Self-Efficacy pada Guru di Kota Bandung Studi Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19


Penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan guru selama pelaksanaan
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena pandemi Covid-19 dapat meningkatkan

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042022T0799T0799 Tri pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0799 Tri p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 147 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420170043
    Klasifikasi
    T0799 Tri p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan guru selama pelaksanaan
    Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena pandemi Covid-19 dapat meningkatkan
    beban kerja guru dan membuat guru merasa stres. Dukungan sosial mampu
    menurunkan stres yang dirasakan guru. Efikasi juga diketahui dapat menurunkan
    stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh model yang
    menggambarkan dinamika peran dukungan sosial terhadap stres yang dimediasi
    oleh efikasi pada guru di kota Bandung yang melaksanakan PJJ di masa Pandemi
    Covid-19.
    Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental. Data penelitian
    bersifat kuantitatif dan diperoleh menggunakan google form yang disebarkan
    melalui media sosial. Pengambilan data dilakukan pada bulan September hingga
    November 2020. Dengan menggunakan metode convenience sampling, didapatkan
    285 partisipan yang merupakan guru SD, SMP, dan SMA/SMK Negeri di Kota
    Bandung yang melaksanakan PJJ selama masa pandemi Covid-19. Variabel pada
    penelitian ini diukur menggunakan adaptasi kuesioner Multidimensional Scale
    Perceived Social Support, kuesioner Teacher Stress Inventory – Revised, dan
    kuesioner Teacher Self Efficacy Scale – Short form. Data yang didapatkan diolah
    dengan metode analisis mediasi sederhana.
    Pada penelitian ini terbukti bahwa dukungan sosial yang diperoleh guru dari
    keluarga, teman, rekan guru, dan kepala sekolah secara bersama-sama dapat
    menurunkan stres melalui mediasi efikasi. Sementara dukungan yang diperoleh
    guru dari salah satu pihak saja tidak terbukti menurunkan stres melalui mediasi
    efikasi. Dengan demikian, dukungan dari satu sumber saja tidak cukup untuk
    menurunkan stres guru SD, SMP, dan SMA/SMK Negeri di Kota Bandung yang
    melaksanakan PJJ selama masa pandemi Covid-19 melainkan butuh dukungan dari
    seluruh sumber, dalam hal ini dari keluarga, teman, rekan guru, dan kepala sekolah.
    Kata Kunci : dukungan sosial, efikasi guru, stres guru, pembelajaran jarak jauh
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi