Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] PERAN DUKUNGAN ORANG TUA, GURU DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERLIBATAN SISWA SMK DALAM PEMBELAJARAN DARING


Kurangnya keterlibatan siswa menjadi masalah yang sering muncul dalam
pembelajaran daring. Padahal keterlibatan siswa merupakan kunci yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042022T0800T0800 Kay pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0800 Kay p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 107 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420190012
    Klasifikasi
    T0800 Kay p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kurangnya keterlibatan siswa menjadi masalah yang sering muncul dalam
    pembelajaran daring. Padahal keterlibatan siswa merupakan kunci yang dapat
    membuat siswa tetap terhubung dengan kelas dan proses pembelajaran. Dalam
    pembelajaran daring, adanya konteks sosial yang dapat mendukung siswa menjadi hal
    yang penting karena siswa lebih rentan dengan perasaan terisolasi dan kurangnya
    interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peran dukungan dari
    orang tua, guru dan teman sebaya terhadap keterlibatan siswa SMK dalam
    pembelajaran daring. Penelitian ini juga mencari tahu bagaimana peran tipe-tipe
    dukungan terhadap keterlibatan siswa. Dukungan orang tua, guru dan teman sebaya
    serta empat tipe dukungan sosial diduga berhubungan positif dengan setiap dimensi
    keterlibatan siswa yaitu keterlibatan perilaku, keterlibatan emosi dan keterlibatan
    kognisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental yang
    menggunakan pendekatan prediktif. Partisipan penelitian ini adalah 512 siswa SMK
    di Kota Tanjungpinang (P=366, L= 146, usia 15-16 tahun, kelas 10-12). Partisipan
    diberikan kuesioner yang diadaptasi dari School Engagement Measure (SEM)-
    MacArthur Network dan Child and Adolescent Social Support Scale-Academic. Hasil
    penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua dan guru berhubungan positif
    dengan ketiga dimensi keterlibatan siswa. Sedangkan dukungan teman sebaya hanya
    memiliki hubungan positif dengan keterlibatan kognisi. Hasil penelitian juga
    menunjukkan bahwa di antara empat tipe dukungan, terdapat tiga tipe dukungan yang
    berhubungan positif dengan keterlibatan siswa, yaitu dukungan emosional, dukungan
    penilaian dan dukungan informasi. Hasil ini menunjukkan pentingnya peran dukungan
    dari orang tua, guru dan teman sebaya untuk dapat meningkatkan keterlibatan siswa
    dalam pembelajaran daring.
    Kata kunci : keterlibatan siswa, dukungan orang tua, dukungan guru, dukungan
    teman sebaya, pembelajaran daring
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi