Text
[TESIS] PERAN DUKUNGAN ORANG TUA, GURU DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERLIBATAN SISWA SMK DALAM PEMBELAJARAN DARING
Kurangnya keterlibatan siswa menjadi masalah yang sering muncul dalam
pembelajaran daring. Padahal keterlibatan siswa merupakan kunci yang ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19042022T0800 T0800 Kay p Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil T0800 Kay pPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2022 Deskripsi Fisik xii., 107 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190420190012Klasifikasi T0800 Kay pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik TESISPernyataan Tanggungjawab Kayisa Zariayufa -
Kurangnya keterlibatan siswa menjadi masalah yang sering muncul dalam
pembelajaran daring. Padahal keterlibatan siswa merupakan kunci yang dapat
membuat siswa tetap terhubung dengan kelas dan proses pembelajaran. Dalam
pembelajaran daring, adanya konteks sosial yang dapat mendukung siswa menjadi hal
yang penting karena siswa lebih rentan dengan perasaan terisolasi dan kurangnya
interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peran dukungan dari
orang tua, guru dan teman sebaya terhadap keterlibatan siswa SMK dalam
pembelajaran daring. Penelitian ini juga mencari tahu bagaimana peran tipe-tipe
dukungan terhadap keterlibatan siswa. Dukungan orang tua, guru dan teman sebaya
serta empat tipe dukungan sosial diduga berhubungan positif dengan setiap dimensi
keterlibatan siswa yaitu keterlibatan perilaku, keterlibatan emosi dan keterlibatan
kognisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental yang
menggunakan pendekatan prediktif. Partisipan penelitian ini adalah 512 siswa SMK
di Kota Tanjungpinang (P=366, L= 146, usia 15-16 tahun, kelas 10-12). Partisipan
diberikan kuesioner yang diadaptasi dari School Engagement Measure (SEM)-
MacArthur Network dan Child and Adolescent Social Support Scale-Academic. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua dan guru berhubungan positif
dengan ketiga dimensi keterlibatan siswa. Sedangkan dukungan teman sebaya hanya
memiliki hubungan positif dengan keterlibatan kognisi. Hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa di antara empat tipe dukungan, terdapat tiga tipe dukungan yang
berhubungan positif dengan keterlibatan siswa, yaitu dukungan emosional, dukungan
penilaian dan dukungan informasi. Hasil ini menunjukkan pentingnya peran dukungan
dari orang tua, guru dan teman sebaya untuk dapat meningkatkan keterlibatan siswa
dalam pembelajaran daring.
Kata kunci : keterlibatan siswa, dukungan orang tua, dukungan guru, dukungan
teman sebaya, pembelajaran daring -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.