Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[DISERTASI] PENGARUH INDUKSI EMOSI TERHADAP KAPASITAS WORKING MEMORY BERDASARKAN TINGKAT EFFORTFUL CONTROL: STUDI EKSPERIMENTAL PADA MAHASISWA UMUM DAN MAHASISWA HAFIDZ Al-QUR’AN


Penelitian mengenai pengaruh induksi emosi terhadap kapasitas working memory
belum menunjukkan hasil konsisten. Penelitian terkait pengaruh ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    190132022D082D082 Evi pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Disertasi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D082 Evi p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xvii., 228 hlm.:ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190130160006
    Klasifikasi
    D082 Evi p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    DISERTASI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian mengenai pengaruh induksi emosi terhadap kapasitas working memory
    belum menunjukkan hasil konsisten. Penelitian terkait pengaruh effortful control
    terhadap kapasitas working memory masih belum banyak diteliti. Penelitian
    mengenai induksi emosi dan effortful control terhadap Hafidz Al-Qur’an belum
    banyak diteliti. Penelitian sebelumnya memperlihatkan bahwa effortful control,
    merupakan prediktor working memory yang cukup baik, namun perlu dilakukan
    pengujian secara eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
    induksi emosi dan effortful control serta interaksinya terhadap kapasitas working
    memory. Penelitian ini terdiri dari dua studi. Studi I melibatkan 249 partisipan
    mahasiswa umum, yang terdiri dari dari laki-laki dan perempuan dengan rerata usia
    (M = 18, SD = 1.2). Studi II merupakan kelanjutan dari studi I, terdiri dari 169
    mahasiswa Hafidz Al-Qur’an yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dan rerata
    usia (M = 19,2, SD = 1.3). Kedua studi menggunakan desain faktorial 4 (kelompok
    kontrol dan kelompok valensi emosi Netral, Positif dan Negatif) x 2 (Level effortful
    control: tinggi dan rendah) x 3 (pre-setelah induksi/post-test1-post-2) x 2 (verbal
    dan visual: working memory task). Kapasitas working memory sebagai variabel
    dependen, induksi emosi dan level effortful control sebagai variabel independen.
    Pengukuran level effortful control menggunakan skala Adult Temperament
    Questionnaire Scale (Rothnbart & Evan, 2007) yang telah diadaptasi ke dalam
    bahasa Indonesia. Kapasitas working memory diukur berdasarkan akurasi dan
    waktu reaksi dalam menyelesaikan tugas verbal dan visual working memory.
    Pengukuran dilakukan berbasis komputer web online. Kapasitas verbal diukur
    dengan menggunakan Word Span Task yang sudah dimodifikasi, sedangkan
    kapasitas visual working memory menggunakan Corsi Block Tapping Task yang
    sudah dimodifikasi. Induksi emosi berupa gambar bervalensi netral, positif dan
    negatif yang diperoleh dari database The Nencki Affective Picture System (NAPS).
    Analisis data menggunakan ANOVA desain faktorial untuk menguji efek utama
    dan efek interaksi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa induksi emosi serta
    interaksi induksi emosi dan effortful control tidak berpengaruh signifikan terhadap
    kapasitas verbal working memory mahasiswa umum dan Hafidz Al-Qur’an. Level
    effortful control berpengaruh signifikan terhadap kapasitas visual working memory,
    baik pada mahasiswa umum maupun Hafidz Al-Qur’an. Individu dengan level
    effortful control tinggi memiliki tingkat akurasi yang lebih baik, namun
    membutuhkan waktu reaksi yang lebih lama. Penelitian ini memperlihatkan bahwa
    induksi emosi tidak mempengaruhi kapasitas working memory baik verbal maupun
    visual, pada mahasiswa umum dan Hafidz Al-Qur’an. Tingkat effortful control
    memengaruhi kapasitas visual working memory pada mahasiswa umum dan Hafidz
    Al-Qur’an, namun tidak pada verbal working memory.
    Kata Kunci: Working Memory, Effortful Control, Induksi Emosi, Mahasiswa,
    Hafidz Al-Qur’an
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi