KONSTRUKSI MAKNA HIJAB FASHION DALAM PENGGUNAAN BLOG BAGI MOSLEM FASHION BLOGGER DI INDONESIA : Studi Fenomenologi mengenai Konstruksi Makna Hijab Dalam Penggunaan Blog bagi Moslem Fashion Blogger di IndonesiaFashion
Ade Nur Istiani. 210120120510 "Konstruksi Makna Hijab Fashion dalam
Penggunaan Blog bagi Moslem Fashion Blogger di Indonesia"
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001150700228 302.2 Ist k/R.21.99 Perpustakaan Pusat (REF.21.99) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 302.2 Ist k/R.21.99Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik xiii, 139 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.2 Ist kTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Ade Nur Istiani -
Ade Nur Istiani. 210120120510 "Konstruksi Makna Hijab Fashion dalam
Penggunaan Blog bagi Moslem Fashion Blogger di Indonesia"
Pembimbing:
Dr.Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Exed. dan Drs. H. Hadi Suprapto Arifin, M.Si.
Penelitian berjudul "Konstruksi Makna Hijab Fashion dalam Penggunaan
Blog bagi Moslem Fashion Blogger di Indonesia" dilatarbelakangi dari
perkembangan busana muslim di Indonesia yang mengalami peningkatan dalam
beberapa tahun terakhir. Fenomena tersebut tidak terlepas dari pengaruh gaya
hidup masa kini yang tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Blog yang merupakan
perkembangan teknologi media baru (new media) dimanfaatkan oleh para Moslem
Fashion Blogger untuk mengekspresikan gaya berbusana muslim sebagai suatu
trend fashion yang berperan dalam perkembangan fashion moslem di Indonesia.
Peneliti ingin mengkaji lebih jauh mengenai pemahaman, motif, dan pengalaman
Moslem Fashion Blogger dalam menggunakan blog sebagai media komunikasi
mengenai Hijab Fashion di Indonesia.
TCOii yang digwiakan untuk mcmbcntuk kcrangka pcmikiran dalam
penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz, teori konstruksi sosial atas
realitas Peter L. Berger, dan teori interaksi simbolik George Herbert Mead.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan tradisi
fenomenologi yang memusatkan perhatian pada pengalaman hidup dan mencari
makna mengenai realitas penelitian berdasarkan sudut pandang subjek penelitian.
Peneliti menetapkan enam informan sebagai sumber informasi.
Basil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman MOSlem l' asnton
Blogger mengenai hijab fashion adaIah bahwa perkembangan tren hijab fashion di
Indonesia merupakan perkembangan yang positif namun terjadi suatu pergeseran
makna. Motif dalam menggunakan blog sebagai media komunikasi mengenai
hijab fashion terbagi atas motif atraksi, motif inspirasi, dan motif eksistensi.
Pengalaman dalam menggunakan blog sebagai media komunikasi mengenai hijab
fashion membuat Moslem Fashion Blogger merasa mendapat wawasan,
aktualisasi diri, dan pandangan skeptis.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.