Detail Cantuman

Image of Kepemimpinan kepala sekolah pengaruh nya terhadap kompetensi, motivasi, dan kepuasan kerja guru serta implikasinya terhadap kinerja guru

 

Kepemimpinan kepala sekolah pengaruh nya terhadap kompetensi, motivasi, dan kepuasan kerja guru serta implikasinya terhadap kinerja guru


Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa guru SMK di Indonesia belum
mampu menunjukkan kinerja (work performance) yang memadai. Fenomena

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110100172371.1 Mah k/R.12.82Perpustakaan Pusat (REF.12.82)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    371.1 Mah k/R.12.82
    Penerbit Program Doktor Ilmu Ekonomi Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xviii,;300 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    371.1 Mah k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa guru SMK di Indonesia belum
    mampu menunjukkan kinerja (work performance) yang memadai. Fenomena
    tinggi rendahnya kinerja guru tersebut diprediksi oleh tinggi rendahnya variabel­
    variabel yang memengaruhinya, antara lain kompetensi guru, motivasi kerja, dan
    kepuasan kerja, yang kesemuanya didorong oleh variabel kepemimpinan kepala
    sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan jenis verificative
    explanation research terhadap 366 guru. Analisis dan Interpretasi hasil
    pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif (SEM).

    Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (a) Perilaku berorientasi
    pada tugas lebih menonjol dalam kepemimpinan kepala sekolah dibandingkan
    dengan perilaku berorientasi pada hubungan; (b) Belum seluruh guru memiliki
    kompetensi profesional yang standar; (c) Belum seluruh guru menunjukkan aspek
    valensi dan instrumentalitas yang tinggi dalam menunjang kinerjanya; (d) Masih
    terdapat kesenjangan yang tinggi antara kondisi aktual pekerjaan dan harapan
    mengenai pekerjaan dalam menunjang kinerja guru, terutama disebabkan oleh
    ketidakpuasan guru dengan sistem imbalan; (e) Kinerja guru belum sepenuhnya
    menunjukkan komitmen terhadap siswa dan pembelajaran siswa, pengetahuan
    profesi, praktik mengajar, kepemimpinan dan komunitas sekolah, dan
    pembelajaran profesi lanjutan.

    Hasil analisis verifikatif menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala
    sekolah secara langsung berimplikasi terhadap kompetensi guru, motivasi kerja
    guru, dan kepuasan kerja guru. Namun demikian, kepemimpinan kepala sekolah
    tidak berimplikasi secara langsung terhadap kinerja guru, tetapi melalui
    kompetensi guru, motivasi kerja guru, dan kepuasan kerja guru. Artinya,
    kepemimpinan kepala sekolah lebih berperan sebagai driver atau enabler yang
    memungkinkan adanya peningkatan dalam kompetensi, motivasi, dan kepuasan
    kerja guru sehingga pada gilirannya akan meningkatkan kinerja guru.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi