Kepemimpinan, Budaya Pembelajaran organisasional Pengaruhnya Terhadap Pengelolaan Pengetahuan Dan Implikasinya Pada Kinerja Organisasi : Survei pada prodi eksakta dan nonekasakta perguruan tinggi negeri di Sulawesi Selatan
KEPEMIMPINAN, BUDA YA PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL
PENGARUHNY A TERHADAP PENGELOLAAN PEN GET AHUAN DAN
IMPLIKASINY A P ADA KINERJA ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001130100070 658 Wah K/R.12.223 Perpustakaan Pusat (REF.12.223) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 658 Wah K/R.12.223Penerbit Program doktor fakultas ekonomi UNPAD : Bandung., 2013 Deskripsi Fisik xv,;369 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658 Wah KTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Wahda -
KEPEMIMPINAN, BUDA YA PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL
PENGARUHNY A TERHADAP PENGELOLAAN PEN GET AHUAN DAN
IMPLIKASINY A P ADA KINERJA ORGANISASI
(Survei Pada Prodi Eksakta dan Noneksakta Perguruan Tinggi Negeri di Sulawesi
Selatan)
ABSTRAK
Sulawesi Selatan merupakan pusat pendidikan di kawasan Timur Indonesia.
Sebagai salah satu instrumen pendidikan, Perguruan tinggi di Sulawesi Selatan
nampakriya belum mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain khususnya di
kawasan barat Indonesia terlihat dari tidak mampunya masuk dalam peringkat 20
besar nasional. Diduga pembelajaran belurn dijadikan sebagai budaya yang kuat,
dan kaprodi disinyalir tidak memiliki kompetensi manajerial yang tinggi, sehingga
mereka tidak mampu mengelola sumberdaya dengan baik, Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menganalisis kondisi kepemimpinan, budaya pembelajaran
organisasional, pengelolaan pengetahuan dan kinerja organisasi, serta
menganalisis pengaruh kepemimpinan dan budaya pembelajaran organisasional
terhadap pengelolaan pengetahuan, juga pengaruh 'antara kepemimpinan, budaya
pembelajaran organisasional secara langsung atau tidak langsung melalui
pengelolaan pengetahuan terhadap kinerja organisasi pada prodi di perguruan
tinggi negeri di Sulawesi Selatan.
Penelitian ini dilakukan secara sensus pada 138 prodi Sarjana di perguruan tinggi
negeri di Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif verivikatif.
Hipotesis penelitian diuji dengan teknik Partial Least Square.
Hasil penelitian menunjukkan Pertama, kepemimpinan kaprodi pada umurnnya
masih kategori tidak baik, budaya pembelajaran organisasional masih tertanam
tidak kuat, pengelolaan pengetahuan masih kategori agak baik dan kinerja
organisasi masih rendah; Kedua Pada prodi eksakta, noneksakta dan kelompok
eksakta-noneksakta, kepemimpinan dan budaya pembelajaran organisasional
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan, akan tetapi secara parsial
khususnya pada prodi noneksakta hanya budaya pembelajaran organisasionaI
yang berpengaruh signifikan; Ketiga Pada tiga kelompok prodi Kepemimpinan
dan budaya pembelajaran organisasional secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja organisasi. Pada program studi eksakta dan
noneksakta, secara tidak langsung melalui pengelolaan pengetahuan,
kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi.
Sedangkan pada program studi eksakta secara tidak langsung melalui pengelolaan
pengetahuan, budaya pembelajaran organisasional tidak berpengaruh signifikan
terhadap kinerja organisasi.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.