Detail Cantuman

Image of Konstruksi Capres Dan Wapres Dalam Media Massa (studi analisis wacana kritis terhadap wacana politik editorial surat kabar kompas dan rakyat merdeka dalam kampanye Pilpres RI 2009

 

Konstruksi Capres Dan Wapres Dalam Media Massa (studi analisis wacana kritis terhadap wacana politik editorial surat kabar kompas dan rakyat merdeka dalam kampanye Pilpres RI 2009


Judul penelitian: "KONSTRUKSI CAPRES DAN W APRES DALAM
MEDIA MASSA: Studi Analisis Wacana Kritis Terhadap Wacana Politik
Editorial ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001130100165302.2 Sya k/R.17.136Perpustakaan Pusat (REF.17.136)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Sya k/R.17.136
    Penerbit Pascasarjana Program Doktor Ilmu Politik UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix,;628 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Sya k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Judul penelitian: "KONSTRUKSI CAPRES DAN W APRES DALAM
    MEDIA MASSA: Studi Analisis Wacana Kritis Terhadap Wacana Politik
    Editorial Surat Kabar Kompas dan Rakyat Merdeka Dalam Kampanye Pilpres
    RI 2009", Syaifuddin, NPM. : 170230080029, 628 Halaman, 17 Tabel, 4
    Gambar, 7 Lampiran, 255 Daftar Pustaka (1973-2013).

    Tujuan Penelitian : 1). Mengetahui wacana Capres dan Wapres pada teks
    editorial surat kabar Kompas dan Rakyat Merdeka pada peristiwa kampanye
    Pilpres RI 2009. 2). Mengetahui wacana Capres dan Wapres pada sistem
    produksi dan konsumsi teks (discourse practice) editorial surat kabar Kompas
    dan Rakyat Merdeka pada peristiwa kampanye Pilpres RI 2009. 3). Mengetahui
    wacana Capres dan Wapres pada praktek sosiokultural (sociocultutal practice)
    editorial surat kabar Kompas dan Rakyat Merdeka pada peristiwa kampanye
    Pilpres RI 2009. 4). Mengetahui ideologi surat kabar Kompas dan Rakyat
    Merdeka melalui editorial surat kabar tersebut terkait Capres dan Wapres pada
    peristiwa kampanye Pilpres RI 2009.

    Metode Penelitian: Kualitatif dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis,
    Paradigma Penelitian: Paradigma Kritis,

    Hasil Penelitian: 1). Konstruksi teks eklektif Kompas berpihak kepada
    Capres Megawati SP, negatif pada SBY-Boediono, positif pada JK-Wiranto.
    Sedangkan Rakyat Merdeka negatif pada Megawati SP, berpihak kepada SBY­
    Boediono, positifpada JK-Wiranto.

    2). Konstruksi praktek wacana Kompas dipengaruhi standarisasi
    manajemen modem, peran dominan elit dan birokratisasi redaksi, segmen pasar,
    nilai-nilai demokrasi Pancasila, nasionalisme, multikulturalisme dan humanisme
    transenden. Sedangkan Rakyat Merdeka dipengaruhi kedekatan emosional
    owner dengan SBY, kebebasan Tim Redaksi, segmen pasar yang luas,
    keberpihakan kepada politik pembaca, kapitalisme global dan demokrasi.

    3). Konstruksi praktek sosiokultural Kompas dipengaruhi faktor politik
    kemanusiaan, pengiklan, pembaca, persaingan antar media, keberadaan
    supporting corporation, demokrasi yang kacau, sistem ekonomi monopolistik
    dan kapitalistik. Konstruksi Rakyat Merdeka dipengaruhi faktor ekonomi politik
    owner, sistem politik oligarki dan ekonomi monopolistik.

    4). Kompas berideologi kemanusiaan, demokrasi Pancasila, nasionalisme,
    multikulturalisme, humanisme transendetal, dan kapitalisme pinggiran. Tujuan
    akhimya "kekuasaan ekonomi H. Rakyat Merdeka berideologi kapitalisme global
    dan demokrasi. Praktek monopoli: ekonomi dan korporasi dengan tujuan.akhir
    mengakumulasi "kekuasaan ekonomi" untuk mencapai "kekuasaan politik".
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi