Detail Cantuman

Image of Pengaruh pengawasan terhadap kualitas pelayanan publik bidang jalan dan jembatan di kab. Tasikmalaya

 

Pengaruh pengawasan terhadap kualitas pelayanan publik bidang jalan dan jembatan di kab. Tasikmalaya


Peningkatan kualitas atas pelayanan publik melalui penyelenggaraan
pemerintahan yang baik dan bersih, perlu didukung dengan manajemen

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120100281351 Rah p/R.17.353Perpustakaan Pusat (REF.17.353)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 Rah p/R.17.353
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii,;255 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 Rah p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Peningkatan kualitas atas pelayanan publik melalui penyelenggaraan
    pemerintahan yang baik dan bersih, perlu didukung dengan manajemen
    pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Salah satu cara
    yang bisa dilakukan yaitu dengan meningkatkan efisiensi dan efektifitas
    penggunaan keuangan negara yang dibelanjakan melalui proses pengadaan
    barang/jasa pemerintah. Diperlukan upaya untuk menciptakan keterbukaan,
    transparansi, akuntabilitas serta prinsip persainganlkompetisi yang sehat dalam
    proses pengadaan barangljasa pemerintah yang dibiayai APBN/APBD, sehingga
    diperoleh barangljasa yang terjangkau dan berkualitas serta dapat dipertanggung­
    jawabkan baik dari segi fisik, keuangan, maupun manfaatnya bagi kelancaran
    tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya
    kualitas pembangunan tetap tidak sesuai dengan yang diharapkan, hal tersebut
    karena lemahnya pengawasan dari pihak eksekutif, legislative, maupun
    masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diangkat dalam disertasi
    berjudul Pengaruh Pengawasan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Jalan
    dan Jembatan di Kabupaten Tasikmalaya.

    Pendekatan kuantitatif digunakan dalam metode penelitian, yang
    diterjemahkan dalam suatu operasionalisasi variabel dengan difokuskan pada
    indikator-indikator, sehingga dapat memadai untuk dijadikan rancangan pada
    model pengujian statistik dengan menggunakan path analysis (analisis jalur).
    Analisis jalur yaitu analisis hubungan kausal dengan tujuan memisahkan pengaruh
    langsung dan pengaruh tidak langsung sesuatu variabel penyebab terhadap
    variabel akibat.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembangunan yang baik
    menggambarkan kualitas pelayanan publik yang prima. Pelayanan publik yang
    prima sejak awal proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi memerlukan
    pengawasan yang efektip dan kontinyu. Pengawasan menjadi metoda yang
    ampuh untuk mengawal setiap kegiatan dan akan membuat setiap tahapan
    program berjalan sesuai dengan yang direncanakan, bahkan sudah dapat
    dipastikan jika hal tersebut berjalan dengan baik maka tujuan yang telah
    ditetapkan sebelurnnya akan tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Kondisi
    pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Tasikmalaya belum
    terlaksana dengan baik, karena belum terciptanya jaringan jalan yang dapat
    menyediakan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan serta mempunyai nilai
    struktur yang baik. Peningkatan kondisi jalan dan jembatan pada ruas-ruas jalan
    di daerah terpencil dan jalan ke sentra pertanian di seluruh wilayah Kabupaten
    Tasikmalaya, juga apabila memperhatikan kondisi kemantapan jalan agar tetap
    dapat memberikan pelayanan yang optimal terhadap arus lalu lintas yang
    melewatinya, yang berada dalam batas repetisi beban standar dan struktur yang
    direncanakan, sehingga dapat menunjang aktivitas perekonomian masyarakat
    dan pemerataan pembangunan, juga belurn terlihat secara optimal.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi