Detail Cantuman

Image of Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Besemah Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan

 

Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Besemah Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan


Salah satu upaya pembangunan kesehatan adalah rnelalui sistern pelayanan
kesehatan seperti rumah sakit. Rumah sakit rnerupakan instansi yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001150100044351 Yus K/R.17.397Perpustakaan Pusat (REF.17.397)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 Yus K/R.17.397
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv,;326 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 Yus K
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Salah satu upaya pembangunan kesehatan adalah rnelalui sistern pelayanan
    kesehatan seperti rumah sakit. Rumah sakit rnerupakan instansi yang memberikan
    pelayanan Kesehatan tingkat lanjut (rujukan) yang bersifat preventif, kuratif,
    prornotif dan rehabilitatif.

    Rumah Sakit Umum Daerah Besernah kota Pagar Alarn adalah milik
    Pemerintah kota Pagar Alam dalarn rnenyelenggarakan pelayanannya seringkali
    terjadi kesenjangan antara pelayanan yang dirasakan dengan pelayanan yang
    diberikan di rumah sakit. Hal ini sebagai akibat tidak terpenuhinya harapan para
    pelanggan. Beberapa permasalahan yang terjadi di RSUD Besernah kota Pagar
    Alam seperti jumlah tenaga medis dan peralatan, sistern komunikasi dan
    informasi kesehatan masih kurang, waktu menunggu pelayanan di ruang rawat
    jalan dirasakan lama oleh pasien.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Kualitas Pelayanan Kesehatan
    pada Unit Rawat Jalan di Rumah Sakit Urnum Daerah Besemah kota Pagar Alam
    yang se1anjutnya diharapkan rnemperoleh konsep baru bagi pengernbangan
    Ilmu Administrasi Publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
    Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi dan wawancara,
    focus group discations dan studi dokumen.

    Berdasarkan basil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan pada
    unit rawat jalan di RSUD Besernah kota Pagar Alarn dilihat dari dimensi
    kualitas pelayanan reliability, dan empathy cukup. Namun dirnensi tangibles,
    responsivenes, dan asurance kurang. Secara keseluruhan dimensi kualitas
    pelayanan kesehatan di unit rawat jalan RSUD Besernah kota Pagar Alam
    bel urn maksimal. Hasil penilaian EquIP Model dari The Australian Couneil on
    Health care Standards (ACHS). Tingkat pencapaian Standar Akreditasi Rumah
    Sakit belum terpenuhi.

    Dari basil penelitian, dikemukakan konsep barn yaitu Akuntabilitas
    sebagai kriteria tambahan pada dimensi kualitas pelayanan tangibles, reliability,
    responsiveness, assurance, dan empathy untuk mengukur kualitas pelayanan
    kesehatan. Dengan demikian penelitian ini mernperkuat kosep kualitas pelayanan
    yang dikernukakan oleh Parasuraman, et all (1990), dan konsep baru yang
    diternukan dalam penelitian ini adalah pentingnya akuntabilitas aparatur
    kesehatan terhadap masyarakat dalarn penyelenggaraan pelayanan kesehatan
    sebagai pelayanan publik memberikan dampak pada perbaikan kualitas pelayanan
    kesehatan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi