Detail Cantuman

Image of pengaruh Kompetensi Dan Perilaku petugas Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan kesehatan...

 

pengaruh Kompetensi Dan Perilaku petugas Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan kesehatan...


Saat ini, poliklinik penyelenggara BPJS Pusenif Kodiklat TNI AD bel urn
menampilkan kinerja pelayanan yang optimal, sehingga kualitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030007455351 suh p/R.17.158Perpustakaan PusatTersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 suh p/R.17.158
    Penerbit Magister Ilmu Sosial Dan Politik : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 224 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 suh p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    2016
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Tesis
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Saat ini, poliklinik penyelenggara BPJS Pusenif Kodiklat TNI AD bel urn
    menampilkan kinerja pelayanan yang optimal, sehingga kualitas pelayanan
    kesehatan yang dirasakan oleh anggota TNI AD dan masyarakat masih rendah,
    khususnya masyarakat di sekitar Pusenif TNI AD. Belum optirnalnya kinerja
    pelayanan pada Poliklinik penyelenggara BPJS Pusenif Kodiklat TNI AD, diduga
    karena belum optirnalnya kompetensi dan perilaku petugas kesehatan dalam
    menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemberi layanan kesehatan kepada
    masyarakat. Dalam penelitian ini menelaah seberapa besar pengaruh kompetensi
    dan perilaku petugas kesehatan baik secara parsial maupun simultan, terhadap
    kualitas pelayanan kesehatan pada Poliklinik penyelenggara BPJS Pusenif
    Kodiklat TNI AD.

    Metode penelitian ini menggunakan Explanatory Survey Methode, dengan
    pendekatan kuantitatif. Penentuan unit analisis dengan random sampling,
    penentuan populasi dengan sampling acak sederhana, sedangkan penentuan
    sampel dengan menggunakan alokasi proporsional sehingga mendapatkan
    sejumlah data tentang kompetensi dan perilaku petugas kesehatan yang cukup
    representatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, yang dikumpulkan
    dari respond en dengan ukuran sarnpel 1 17 orang pasien Poliklinik penyelenggara
    BPJS Pusenif KodikJat TNl AD yaitu pengguna jasa layanan kesehatan yang
    berkunjung pada PoJiklinik penyelenggara BPJS PusenifKodikJat TNI AD. Untuk
    mempero!eh hasil yang lebih akurat ditetapkan sampcl konfirrnasi dari tokoh
    masyarakat dan pejabat poliklinik dengan menggunakan purposive sampling.
    Adapun teknik anaJisis data yang digunakan adalah model anaJisis jalur dengan
    uji statistika adalah uji-t dan uji-F.

    Berdasarkan hasil analisis data; dapat diketahui bahwa kompetensi dan
    peri laku petugas kesehatan berpcngaruh secara signifikan terhadap kualitas
    pelayanan kesehatan. Variabcl perilaku petugas kesehatan lebih tinggi
    pengaruhnya daripada kompetcnsi petugas kesehatan dengan proporsi pengaruh
    tertinggi pada dimensi tanggung jawab dalam item kejelasan (kepastian)
    wewenang dan tanggung ja\\ ab. hal tersebut dapat mengarahkan kepada
    profesionalisme tugas pelayanan. namun demikian disadari bahwa masih ada
    variabellain yang memiliki peng.iruh terhadap kualitas peJayanan kesehatan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi