Detail Cantuman

Image of Modifikasi ukuran kartu latihan pada pelatihan

Text  

Modifikasi ukuran kartu latihan pada pelatihan "bermain sortir kartu untuk meningkatkan kemampuan selective attention pada anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian (GPP)


NUR FADILAH AMALIA: Studi mengenai Penyusunan Rancangan dan
Pelaksanaan Pelatihan "Bermain Sortir Kartu" dengan Modifikasi pada

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030007877155.4 Nur m/R.19.58.1Perpustakaan Pusat (REF.19.58.1)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.4 Nur m/R.19.58.1
    Penerbit Fak. Psikologi Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix, 153 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.4 Nur m
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • NUR FADILAH AMALIA: Studi mengenai Penyusunan Rancangan dan
    Pelaksanaan Pelatihan "Bermain Sortir Kartu" dengan Modifikasi pada
    Ukuran Kartu Latihan untuk Meningkatkan Selective Attention pada Anak
    GPP Usia 8 Tahun

    Pembimbing: Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd dan Laila Qodariah, M. Psi

    Anak yang memiliki Gangguan Pemusatan Perhatian memiliki gejala utama
    yaitu anak mudah terdistraksi oleh stimulus yang tidak berkaitan dengan tugas
    yang seharusnya dikerjakan, baik di sekolah maupun di rumah. Kondisi anak
    dengan GPP yang mudah terdistraksi berkaitan dengan kemampuan selective
    attention, dimana anak GPP memiliki kesulitan untuk mempertahankan
    perhatiannya pada tugas dan mengabaikan distraksi jika dibandingkan dengan
    anak pada umumnya.

    Penelitian ini merupakan penelitian replikasi parsial atas penelitian
    "Bermain Sortir Kartu" yang telah dilakukan oleh Tio Renova Pratiwi (2015)
    untuk merancang modifikasi materi pelatihan yaitu perubahan ukuran kartu
    permainan yang sesuai dengan kemampuan atensi anak dalam memproses
    stimulus visual dan kemudian melakukan uji coba at as rancangan tersebut.
    Terdapat dua studi yang dilakukan dalam penelitian ini: Studi I merupakan studi
    mengenai penyusunan rancangan pelatihan Bennain Sortir Kartu dengan
    pengubahan pada ukuran kartu latihan dan Studi 11 merupakan studi mengenai
    Pelaksanaan Pelatihan "Bennain Sortir Kartu" dengan perubahan pada ukuran
    kartu latihan.

    Metode survei digunakan pada studi I untuk mengetahui ukuran kartu
    latihan yang sesuai dengan kemampuan anak dalam memproses objek visual.
    Pada studi 11, digunakan metode Single - Subject Design dengan tipe A-B-A
    Design. Pengukuran selective attention dilakukan dengan menggunakan stroop
    color word test. Subyek dalam penelitian ini adalah seorang anak berusia 8 tahun
    yang mengalami GPP.

    Hasil penyusunan rancangan pelatihan dalam studi I menunjukan bahwa
    ukuran kartu yang dapat digunakan dalam pelatihan ini adalah ukuran kartu 6 x 9
    cm yang dapat membantu anak dalam melakukan proses atensi terhadap objek
    visual selama pengerjaan tugas. Kemudian hasil dari studi 11 menunjukan
    peningkatan kemampuan selective attention dilihat berdasarkan peningkatan pola
    grafik pada fase B saat terdapat treatment dibandingkan pada fase A saat tidak
    terdapat treatment. Rata-rata skor benar pada fase A (baseline) = 66,66%, fase

    . B(treatment) = 70,87% dan fase A (post treatment) = 68%. Berdasarkan analisa
    kuantitatif tersebut dan analisa kualitatif, dapat disimpulkan bahwa rancangan
    pelatihan Bennain Sortir Kartu dengan modifikasi pada ukuran kartu latihan dapat
    meningkatkan kemampuan Selective Attention pada subjek penelitian yaitu anak
    yang mengalami GPP usia 8 tahun.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi