Detail Cantuman

Image of Ibu Bekerja dan Kesenjangan Pendidikan Anak

Text  

Ibu Bekerja dan Kesenjangan Pendidikan Anak


Dewasa ini, perempuan tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga,

tuntutan sosial dan ekonomi mendorong perempuan meneari nafkah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030007964362.5 Ach i/R.12.80.2Perpustakaan Pusat (REF.80.2)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362.5 Ach i/R.12.80.2
    Penerbit Fakaultas Ekonomi Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 82 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362.5 Ach i
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Dewasa ini, perempuan tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga,

    tuntutan sosial dan ekonomi mendorong perempuan meneari nafkah untuk
    menambah penghasilan keluarga. Persentase angkatan kerja perempuan di
    Indonesia mengalami trend peningkatan dari tahun 2004 sampai tahun 2014, trend
    peningkatan ini juga berpengaruh pada peningkatan jumlah ibu yang bekerja. Pada
    sisi lain, trend ini tentunya juga berpengaruh pada pendidikan anak, khususnya
    pada kemungkinan terjadi kesenjangan pendidikan.

    Tuj an yang hendak dieapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
    apakah ibu yang bekerja dapat mempengaruhi kesenjangan pendidikan anak­
    anaknya. Selain itu, penelitian ini juga meneoba mengetahui apakah faktor lainnya
    dari ibu, internal anak dan sosial ekonomi keluarga dapat mempengaruhi.

    Penelitian ini menggunakan data Susenas tahun 2014, setelah melakukan
    pengeeekan dan screening data, diperoleh jumlah sampel 109.417 individu dengan
    analisis data menggunakan regresi Ordinary Least Square (OLS).

    Berdasarkan nilai koefisien, tingkat kesenjangan pendidikan anak yang
    memiliki ibu yang bekerja lebih keeil 0,0269. Memiliki ibu yang menikah, anak
    perempuan, anak yang sehat, anak yang memperoleh beasiswa dan raskin, serta
    anak yang tinggal di perkotaan memiliki tingkat kesenjangari pendidikan lebih
    keeil. Peningkatan pendidikan ibu, penambahan jumlah orang dewasa atau kakek
    nenek yang tidak bekerja dalam satu rumah tangga dan penarnbahan pendapatan
    akan menurunkan kesenjangan pendidikan. Sedangkan penambahan jumlah anak
    dalam satu rumah tangga akan meningkatkan kesenjangan pendidikan anak.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi