Detail Cantuman

Image of STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN BANDUNG BARAT

Text  

STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN BANDUNG BARAT


Noor Khalida Magfirah, 210120150001. Tesis, 2017. Program Magister Ilmu
Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030008201302.259 824 33 Noo sPerpustakaan Pusat (Reference Kls. 300)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.259 824 33 Noo s/R.21.235.2
    Penerbit Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 322 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.259 824 33
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Noor Khalida Magfirah, 210120150001. Tesis, 2017. Program Magister Ilmu
    Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini
    berjudul "Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Wisata Berbasis Kearifan
    Lokal Kabupaten Bandung Barat (Studi Kasus Starategi Komunikasi Dinas
    Kebudayaan dan Pariwisata dalam Pengembangan Wisata Berbasis Kearifan
    Lokal Desa Wisata Kabupaten Bandung Barat)". Dr. Dadang Sugiana, M.Si.,
    selaku ketua tim pembimbing dan Dr. Hj. Nuryah Asri Syarifah, M.Si., selaku
    anggota komisi pembimbing.

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan konsep Desa Wisata berbasis
    kearifan lokal menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KBB; (2)
    mengeksplorasi pengelolaan informasi di lingkungan organisasi Dinas
    Kebudayaan dan Pariwisata dalam pengembangan Desa Wisata KBB; dan (3)
    mengetahui implementasi strategi komunikasi dalam pengembangan Desa Wisata
    oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KBB; dan (4) mengetahui permasalahan
    yang menyebabkan pengembangan Desa Wisata berbasis kearifan lokal KBB
    berjalan lambat. Penelitian ini menggunakan teori infonnasi organisasi, konsep
    strategi komunikasi, komunikasi pariwisata, des a wisata dan kearifan lokal.
    Metodelogi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
    penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui dokumentasi, arsip rekaman,
    wawancara, dan observasi.

    Hasil penelitian didapatkan: (1) Konsep Desa Wisata mengacu pada konsep Desa
    Wisata kementrian Pariwisata: melestarikan potensi budaya dan ad at istiadat Desa
    Wisata; (2) Pengelolaan informasi di lingkungan organisasi Dinas Kebudayaan
    dan Pariwisata dalam pengembangan Desa Wisata secara bottom-up dengan
    mengkaji berbagai kekuatan potensi yang dimiliki desa baik alam maupun budaya.
    (3) Implementasi strategi komunikasi dalam pengembangan Desa Wisata oleh
    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KBB dengan media relations, penguatan
    informasi di media intemet (media sosial, dan web), festival budaya, exhibition,
    iklan di media massa, (radio, TV, dan surat kabar). Komunikasi dengan
    masyarakat dan pihak terkait dicapai dengan komunikasi informatif, persuasif, dan
    instruksi; (4) permasalahan yang menyebabkan pengembangan Desa Wisata
    berbasis kearifan lokal KBB berjalan lambat karena kurangnya sinergi komunikasi
    internal ataupun eksternal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KBB, perbedaan
    persepsi konsep Desa Wisata antara pemerintah kabupaten dan pihak desa, belum
    adanya proses sosialisasi kepada masyarakat Desa Wisata, kurangnya kesadaran
    masyarakat, SDM yang belum memadai dan terbatasnya anggaran.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi