Text
STRATEGI PEMENANGAN POLITIK DALAM PEMILAHAN KEPADA DAERAH (PILKADA) ; STUDI KASUS KEMENANGAN RIDWAN KAMIL - ODED M. DANIAL PADA PILKADA KOTA BANDUNG 2013
Kemenangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial dalam Pilkada Kota
Bandung 2013 telah melahirkan berbagai penelitian ilmiah dalam berbagai
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010040007572 324.959 824322 Den s Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 400) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 324.959 824322 Den s/R.17.267.2Penerbit Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Unpad : Bandung., 2017 Deskripsi Fisik xiv, 196 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 324.959 824322Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik DesertasiPernyataan Tanggungjawab Deni Nurdyana Hadimin -
Kemenangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial dalam Pilkada Kota
Bandung 2013 telah melahirkan berbagai penelitian ilmiah dalam berbagai
dimensinya. Fenomena ini menjadi unik dan menarik untuk dikaji, terutama
tentang strategi pemenangan politik pasangan RK-Oded sehingga pasangan ini
mampu mengalahkan incumbent dan pasangan lainnya (7 paslon lainnya) dengan
perolehan suara 45,24% dalam satu putaran. Oleh karena itu, penelitian ini
mengambil judul: "Strategi Pemeoaogao Politik Dalam Pemilibao Kepala
Daerah: Studi kasus Kemeoaogan Ridwao Kamil - Oded M. Daoial pad a
Pilkada Kota Baoduog Tabuo 2013".
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang (1)
Strategi Pemenangan Politik yang dilakukan tim kampanye RK-Oded untuk
memenangkan Pilwalkot Kota Bandung 2013; (2) Strategi marketing politik,
Strategi komunikasi politik, dan model kampanye mutahir; yang dilakukan
Ridwan Kamil dan Oded M Danial dalam mempengaruhi dan merebut simpati
publik sehingga mereka menjatuhkan pilihan kepada pasangan RK-Oded dalam
Pilkada Kota Bandung 2013; (3) Langkah-langkah strategis dan kondisi apa
sajakah yang dilakukan oleh Partai koalisi pengusung pasangan RK-Oded Daniai
yang terwadahi dalam tim kampanye dan tim sukses dalam proses memenangkan
pasangan RK-Oded dalam Pilkada Kota Bandung 2013.
Sehubungan peneiitian ini akan diiakukan dengan studi kasus, yang akan
mediskripsikan secara mendalam tentang fokus penelitian ini, maka metodologi
yang tepat adalah secara metode Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Pengambilan data akan dilakukan berdasarkan kelompok data primer dan
data sekunder, melalui informan yang digali dan di observasi secara mendalam,
serta di analisis secara konstruktif dan menghasilkan suatu kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Tim kampanye RK-Oded telah
berhasil (1) mengekplorasi aspek kreativitas di dalam memasarkan vi si, misi, ide
dan program, serta optimalisasi mesin politik PKS dan Gerindra Kota Bandung
dan diperkuat oleh para relawan; (2) menerapkan strategi "menyembunyikan
simbol partai" dalam kampanye, dengan lebih mengedepankan figur dan
ketokohan para kandidat. (3) Ridwan Kamil dan Oded melakukan komunikasi
politik ke semua level dengan mengembangkan politik pencitraan melalui media
sosial seperti twitter, Faceboook, Line, Instagram dll. (4) Penerapan teknik
marketing politik untuk mengambil hati para pemilih di Kota Bandung melalui
pendekatan-pendekatan yang mengacu kepada Mix Marketing yaitu yang dikenal
dengan istilah 4Ps (Product, Promotion, Price dan Place), ditambah dengan
strategi marketing politik syariah Islam yang bercirikan Rabbaniyah,
Akhlaqiyyah, Alwaqiiyah dan lnsaniyah.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.