Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

STRATEGI PEMENANGAN POLITIK DALAM PEMILAHAN KEPADA DAERAH (PILKADA) ; STUDI KASUS KEMENANGAN RIDWAN KAMIL - ODED M. DANIAL PADA PILKADA KOTA BANDUNG 2013


Kemenangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial dalam Pilkada Kota
Bandung 2013 telah melahirkan berbagai penelitian ilmiah dalam berbagai

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010040007572324.959 824322 Den sPerpustakaan Pusat (Reference Kls. 400)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    324.959 824322 Den s/R.17.267.2
    Penerbit Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 196 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    324.959 824322
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Desertasi
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kemenangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial dalam Pilkada Kota
    Bandung 2013 telah melahirkan berbagai penelitian ilmiah dalam berbagai
    dimensinya. Fenomena ini menjadi unik dan menarik untuk dikaji, terutama
    tentang strategi pemenangan politik pasangan RK-Oded sehingga pasangan ini
    mampu mengalahkan incumbent dan pasangan lainnya (7 paslon lainnya) dengan
    perolehan suara 45,24% dalam satu putaran. Oleh karena itu, penelitian ini
    mengambil judul: "Strategi Pemeoaogao Politik Dalam Pemilibao Kepala
    Daerah: Studi kasus Kemeoaogan Ridwao Kamil - Oded M. Daoial pad a
    Pilkada Kota Baoduog Tabuo 2013".

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang (1)
    Strategi Pemenangan Politik yang dilakukan tim kampanye RK-Oded untuk
    memenangkan Pilwalkot Kota Bandung 2013; (2) Strategi marketing politik,
    Strategi komunikasi politik, dan model kampanye mutahir; yang dilakukan
    Ridwan Kamil dan Oded M Danial dalam mempengaruhi dan merebut simpati
    publik sehingga mereka menjatuhkan pilihan kepada pasangan RK-Oded dalam
    Pilkada Kota Bandung 2013; (3) Langkah-langkah strategis dan kondisi apa
    sajakah yang dilakukan oleh Partai koalisi pengusung pasangan RK-Oded Daniai
    yang terwadahi dalam tim kampanye dan tim sukses dalam proses memenangkan
    pasangan RK-Oded dalam Pilkada Kota Bandung 2013.

    Sehubungan peneiitian ini akan diiakukan dengan studi kasus, yang akan
    mediskripsikan secara mendalam tentang fokus penelitian ini, maka metodologi
    yang tepat adalah secara metode Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan studi
    kasus. Pengambilan data akan dilakukan berdasarkan kelompok data primer dan
    data sekunder, melalui informan yang digali dan di observasi secara mendalam,
    serta di analisis secara konstruktif dan menghasilkan suatu kesimpulan.

    Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Tim kampanye RK-Oded telah
    berhasil (1) mengekplorasi aspek kreativitas di dalam memasarkan vi si, misi, ide
    dan program, serta optimalisasi mesin politik PKS dan Gerindra Kota Bandung
    dan diperkuat oleh para relawan; (2) menerapkan strategi "menyembunyikan
    simbol partai" dalam kampanye, dengan lebih mengedepankan figur dan
    ketokohan para kandidat. (3) Ridwan Kamil dan Oded melakukan komunikasi
    politik ke semua level dengan mengembangkan politik pencitraan melalui media
    sosial seperti twitter, Faceboook, Line, Instagram dll. (4) Penerapan teknik
    marketing politik untuk mengambil hati para pemilih di Kota Bandung melalui
    pendekatan-pendekatan yang mengacu kepada Mix Marketing yaitu yang dikenal
    dengan istilah 4Ps (Product, Promotion, Price dan Place), ditambah dengan
    strategi marketing politik syariah Islam yang bercirikan Rabbaniyah,
    Akhlaqiyyah, Alwaqiiyah dan lnsaniyah.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi