Detail Cantuman

Image of NILAI-NILAI PENGEMBANGAN MASYARAKAT DALAM TULISAN KREATIF JURNALIS

 

NILAI-NILAI PENGEMBANGAN MASYARAKAT DALAM TULISAN KREATIF JURNALIS


Era jurnalisme publik hadir di tengah-tengah transformasi sosial
masyarakat. Dimana peri~tiwa yang disajikan melalui berita harus bermakna ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    02089Perpustakaan PusatTersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Ari n/R.21.1
    Penerbit program doktor Ilmu komunikasi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi,;310 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Ari n
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Era jurnalisme publik hadir di tengah-tengah transformasi sosial
    masyarakat. Dimana peri~tiwa yang disajikan melalui berita harus bermakna
    dan penting bagi masyarakat bukan sekedar sosialisasi agar masyarakat
    mengetahui sebuah keputusan atau sebuah peristiwa. Bentuk jurnalisme
    publik yang berorientasi pada nilai-nilai pengembangan masyarakat terdapat
    dalam tulisan kreatif jurnalis media cetak grup [awa Pos National Network
    (JPNN). Jay Rosen (1997) mengidentifikasi ciri khusus jurnalisme publik
    dim ana orang-orang biasa dalam konteks realitas sehari-hari menjadi
    sumber utama pemberitaan.

    Dengan menggunakan metode fenomenologi hermeneutik Paul
    Ricouer, yang mengacu pada prinsip dekontekstualisasi dan
    rekontekstualisasi serta analisis berdasarkan anatomi teks yang terdiri dari
    tahap semantik, tahap reflektif dan tahap eksistensialis, peneliti
    menginterpretasi tulisan kreatif jurnalis terkait nllai-nilai pengembangan
    masyarakat dalam media cetak grup jPNN di wilayah Provinsi Banten.

    Dalam penelitian ini ditemukan berbagai kategori yang membentuk
    proposisi awal konsep temuan yang dapat dikemukakan. Pertama,
    pemaknaan jurnalis tentang nilai-nilai pengembangan masyarakat dalam
    tulisan kreatif. Kedua, ruang publik yang terbentuk sebagai representasi
    "kehadiran" media massa dalam upaya mendorong pemerintah daerah
    bersama stakeholder terkait untuk lebih aktif terlibat dalam berbagai
    program maupun kegiatan pengembangan masyarakat. Dan ketiga, bentuk­
    bentuk pengembangan masyarakat yang terdapat dalam tulisan kreatif
    jurnalis.

    Interpretasi teks dan teoretisasi data tentang tulisan kreatif jurnalis
    berhasil menemukan suatu rancang~n pengembangan konsepsi jurnalisme
    publik yang menekankan pada aspek penyebarluasan nilai-nilal
    pengembangan masyarakat. Rancangan konsepsi tersebut peneliti
    definisikan sebagai temuan penelitian dalam bentuk jurnalisme lokalogi.
    Sebuah model jurnalisme yang berproses terhadap usaha-usaha peningkatan
    kualitas "kesadaran masyarakat" terhadap sumber daya yang dimiliki oleh
    masyarakat itu sendiri. Untuk memahami, menyadari, mengenali dan
    memberdayakan potensi diri dan lingkungan sosialnya sebagai upaya untuk
    meningkatkan kesejahteraan dalam perspektif masyarakat itu sendiri.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi