Detail Cantuman

Image of RANCANGAN PELATIHAN PENERAPAN PRINSIP DISIPLIN MELALUI INTERAKSI IBU-ANAK DALAM SITUASI RUMAH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DALAM KETERAMPILAN BANTU DIRI ANAK USIA PRA-SEKOLAH

 

RANCANGAN PELATIHAN PENERAPAN PRINSIP DISIPLIN MELALUI INTERAKSI IBU-ANAK DALAM SITUASI RUMAH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DALAM KETERAMPILAN BANTU DIRI ANAK USIA PRA-SEKOLAH



Berdasarkan data awal yang terjaring, terlihat bahwa ibu siswa PG- TK
Darul Hikam I, Bandung belurn seluruhnya memiliki pengetahuan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110700307155.423 yov r/R.19.82Perpustakaan Pusat (REF.19.82)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.423 yov r/R.19.82
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 174 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.423 yov r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab

  • Berdasarkan data awal yang terjaring, terlihat bahwa ibu siswa PG- TK
    Darul Hikam I, Bandung belurn seluruhnya memiliki pengetahuan yang utuh
    mengenai penerapan prinsip disiplin melalui interaksi ibu-anak dalam situasi
    rumah untuk mengembangkan kemandirian dalam keterampilan bantu diri anak
    usia pra-sekolah. Penelitian ini bermaksud untuk mendapatkan suatu rancangan
    pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan ibu siswa PG- TK Darul Hikam I,
    Bandung mengenai hal tersebut. Sejurnlah tokoh perkembangan anak menyatakan
    bahwa penerapan disiplin yang sesuai dengan tahap perkembangan anak
    merupakan jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh orang tua dalam
    mendidik anak, termasuk dalam mengembangkan kemandirian dalam
    keterampilan bantu diri anak usia pra-sekolah.

    Hasil akhir yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah pada ranah
    kognitif tingkat memahami berdasarkan Taksonomi Bloom (Revisi). Materi
    pelatihan disusun berdasarkan hasil analisa kebutuhan dan diturunkan menurut 10
    prinsip dasar penerapan disiplin dalam situasi rurnah oleh Sears & Sears (1995),
    yang disesuaikan dengan tujuan untuk mengembangkan kemandirian dalam
    keterampilan bantu diri anak usia pra-sekolah. Disain penelitian yang digunakan
    adalah One-Group Pretest-Posttest Design (Shadish, Cook & Campbell, 2002),
    dengan melakukan pengukuran sebelurn dan sesudah diberikan treatment berupa
    uji coba rancangan pelatihan. Uji statistik yang digunakan adalah uji Paired
    Sample T-Test dengan subjek penelitian sebanyak 8 ibu siswa PG-TK Darul
    Hikam I, Bandung.

    Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara
    pengetahuan subjek penelitian mengenai penerapan prinsip disiplin melalui
    interaksi ibu-anak dalam situasi rurnah untuk mengembangkan kemandirian dalam
    keterampilan bantu diri anak usia pra-sekolah sebelurn dan sesudah pelaksanaan
    uji coba rancangan pelatihan. Peningkatan pengetahuan subjek penelitian terjadi
    pada prinsip (1) membangun kedekatan dengan anak sejak sedini mungkin,
    prinsip (3) membantu anak untuk menghargai ibu sebagai figur pendamping,
    prinsip (4) membuat batasan dan struktur, prinsip (5) membantu anak untuk patuh,
    prinsip (6) ibu sebagai model dalam penerapan disiplin, prinsip (8) membentuk
    perilaku anak, dan prinsip (9) menurnbuhkan kepedulian anak. Pada prinsip (2)
    memiliki pemahaman yang tepat mengenai perkembangan anak, prinsip (7)
    membangun keyakinan diri anak, dan prinsip (10) mengetahui saat yang tepat
    untuk berbicara kepada anak dan mendengarkan anak tidak terlihat mengalami
    peningkatan yang signifikan karena pengetahuan yang sudah dimiliki oleh subjek
    penelitian sebelumnya dan kondisi individual subjek penelitian.

    Di akhir penelitian terdapat hal-hal yang dapat disarankan sebagai
    perbaikan dari rancangan pelatihan yang diuji coba dalam penelitian ini, serta hal­
    hal yang dapat dilakukan untuk penelitian selanjutnya dengan capaian hasil
    pembelajaran pada tahap afektif dan psikomotorik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi