Detail Cantuman

Image of PERANCANGAN DAN UJI COBA PELATIHAN PENINGKATAN SUSTAINED ATTENTION MELALUI PERMAINAN KARTU MERAH DAN HITAM

 

PERANCANGAN DAN UJI COBA PELATIHAN PENINGKATAN SUSTAINED ATTENTION MELALUI PERMAINAN KARTU MERAH DAN HITAM


Selly. 190420110051. Perancangan dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan
Sustained Attention Melalui Permainan Kartu Merah dan Hitam.

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001150700056155.4 sel p/R.19.67Perpustakaan Pusat (REF.19.67)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.4 sel p/R.19.67
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 123 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.4 sel p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Selly. 190420110051. Perancangan dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan
    Sustained Attention Melalui Permainan Kartu Merah dan Hitam.
    Pembimbing : Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd. & Esti Wungu, S.Psi., Psi.,
    M.Ed.

    Saat anak memasuki kelas 4 sekolah dasar, rata-rata berusia 10 tahun,
    tuntutan belajar semakin tinggi karena materi di kelas 4 lebih abstrak sehingga
    diasumsikan lebih sulit dari materi di kelas-kelas sebelumnya, sehingga
    kemampuan untuk mempertahankan perhatian sangat dibutuhkan. Akan tetapi,
    seorang anak SDN TH di Bandung dikeluhkan sulit mempertahankan perhatian.
    Anak tidak memahami pelajaran, serta tidak selesai saat mengerjakan tugas, atau
    ada soal yang terlewat dikerjakan. Keluhan-keluhan seperti ini merupakan
    gambaran dari perilaku yang menunjukkan adanya Gangguan Pemusatan
    Perhatian (GPP). Treatment secara psikologis bagi anak yang mengalami GPP
    menggunakan pendekatan psikoedukasi yang menekankan pada keterlibatan anak
    secara aktif untuk meningkatkan self-awareness terhadap perilakunya yang
    kurang efektif serta kesediannya untuk mengubah perilakunya menjadi lebih
    efektif sesuai dengan tujuan.

    Peneliti merancang suatu pelatihan peningkatan sustained attention yang
    dapat dilakukan secara berulang (repetisi) di sekolah maupun di rumah melalui
    media kartu warna merah dan hitam dengan menggunakan komputer yang saat ini
    mudah dioperasikan dan dekat dengan kehidupan anak-anak, berorientasi pada
    contoh Attention Training Program (Flick, 1998). Pemberian treatment secara
    visual dipilih karena atensi visual sangat penting, hal ini berguna dalam menjaga
    perilaku/ memperhatikan tugas (Flick, 2010). Materi kartu warna diasumsikan
    sebagai sesuatu yang tidak asing dalam kehidupan anak. Kartu warna yang
    digunakan sebagai target pada treatment ini merupakan kartu berwarna merah,
    yang berdasarkan studi awal yang dilakukan peneliti merupakan warna yang
    paling menarik pandangan mata anak, sedangkan warna merah yang
    dikombinasikan dengan warna hitam dianggap lebih efektif dalam belajar
    dibandingkan warna lain.

    Rancangan penelitian dalam Pelatihan Peningkatan Sustained Attention ini
    adalah Single-subject, Randomized, Time-series Design, untuk mengukur
    peningkatan sustained attention anak. Jumlah subjek penelitian yang terlibat
    hanya satu orang anak usia 10 tahun di SDN TH Bandung yang mengalami GPP.
    Pengukuran pre-test dan post-test dilakukan menggunakan Structured
    Observation of Academic and Play Settings (SOAPS) yang dirancang oleh
    Roberts, Milich. & Loney (1984, dalam Sattler, 2002).

    Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa Pelatihan Melalui Permainan
    Kartu Merah dan Hitam dapat meningkatkan sustained attention pada anak usia
    10 tahun yang mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP).
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi