PERANCANGAN DAN UJI COBA PELATIHAN PENINGKATAN SUSTAINED ATTENTION MELALUI PERMAINAN KARTU MERAH DAN HITAM
Selly. 190420110051. Perancangan dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan
Sustained Attention Melalui Permainan Kartu Merah dan Hitam.
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001150700056 155.4 sel p/R.19.67 Perpustakaan Pusat (REF.19.67) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 155.4 sel p/R.19.67Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik xv, 123 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 155.4 sel pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Selly -
Selly. 190420110051. Perancangan dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan
Sustained Attention Melalui Permainan Kartu Merah dan Hitam.
Pembimbing : Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd. & Esti Wungu, S.Psi., Psi.,
M.Ed.
Saat anak memasuki kelas 4 sekolah dasar, rata-rata berusia 10 tahun,
tuntutan belajar semakin tinggi karena materi di kelas 4 lebih abstrak sehingga
diasumsikan lebih sulit dari materi di kelas-kelas sebelumnya, sehingga
kemampuan untuk mempertahankan perhatian sangat dibutuhkan. Akan tetapi,
seorang anak SDN TH di Bandung dikeluhkan sulit mempertahankan perhatian.
Anak tidak memahami pelajaran, serta tidak selesai saat mengerjakan tugas, atau
ada soal yang terlewat dikerjakan. Keluhan-keluhan seperti ini merupakan
gambaran dari perilaku yang menunjukkan adanya Gangguan Pemusatan
Perhatian (GPP). Treatment secara psikologis bagi anak yang mengalami GPP
menggunakan pendekatan psikoedukasi yang menekankan pada keterlibatan anak
secara aktif untuk meningkatkan self-awareness terhadap perilakunya yang
kurang efektif serta kesediannya untuk mengubah perilakunya menjadi lebih
efektif sesuai dengan tujuan.
Peneliti merancang suatu pelatihan peningkatan sustained attention yang
dapat dilakukan secara berulang (repetisi) di sekolah maupun di rumah melalui
media kartu warna merah dan hitam dengan menggunakan komputer yang saat ini
mudah dioperasikan dan dekat dengan kehidupan anak-anak, berorientasi pada
contoh Attention Training Program (Flick, 1998). Pemberian treatment secara
visual dipilih karena atensi visual sangat penting, hal ini berguna dalam menjaga
perilaku/ memperhatikan tugas (Flick, 2010). Materi kartu warna diasumsikan
sebagai sesuatu yang tidak asing dalam kehidupan anak. Kartu warna yang
digunakan sebagai target pada treatment ini merupakan kartu berwarna merah,
yang berdasarkan studi awal yang dilakukan peneliti merupakan warna yang
paling menarik pandangan mata anak, sedangkan warna merah yang
dikombinasikan dengan warna hitam dianggap lebih efektif dalam belajar
dibandingkan warna lain.
Rancangan penelitian dalam Pelatihan Peningkatan Sustained Attention ini
adalah Single-subject, Randomized, Time-series Design, untuk mengukur
peningkatan sustained attention anak. Jumlah subjek penelitian yang terlibat
hanya satu orang anak usia 10 tahun di SDN TH Bandung yang mengalami GPP.
Pengukuran pre-test dan post-test dilakukan menggunakan Structured
Observation of Academic and Play Settings (SOAPS) yang dirancang oleh
Roberts, Milich. & Loney (1984, dalam Sattler, 2002).
Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa Pelatihan Melalui Permainan
Kartu Merah dan Hitam dapat meningkatkan sustained attention pada anak usia
10 tahun yang mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP). -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.