RANCANGAN PROGRAM PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU MENGENAI CARA MENGEMBANGKAN SELF ESTEEM (HARGA DIRI) ANAK USIA 6-8 TAHUN
Harga diri adalah dasar dari keberadaan anak dan kunci sukses ketika dia
dewasa nanti. Berdasarkan hasil asesmen, peneliti tertarik untuk ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001110700122 155.424 pur r/R.19.84 Perpustakaan Pusat (REF.19.84) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 155.424 pur r/R.19.84Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2011 Deskripsi Fisik xix, 182 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 155.424 pur rTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Titin Florentina Purwasetiawatik -
Harga diri adalah dasar dari keberadaan anak dan kunci sukses ketika dia
dewasa nanti. Berdasarkan hasil asesmen, peneliti tertarik untuk melakukan
perancangan program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan
dan pemahaman Ibu mengenai cara mengembangkan harga diri anak usia 6-8
tahun. Dasar teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Self Esteem, Susan
Harter (1999) dalam Self Esteem Research, Theory and Practice (Mruck, 2006)
dan Self Esteem: The Foundation of Good Behavior (Sears and Sears, 1995)
Perancangan Program pelatihan menggunakan pendekatan Pengembangan
Program Pelatihan (Kohls, 1995) dengan metode pembelajaran orang dewasa.
Rancangan penelitian dalam uji coba program pelatihan ini menggunakan desain
one group pre test - post test. Subjek dalam uji coba program pelatihan ini
sebanyak 7 orang Ibu, usia berada pada rentang 36-40 tahun, memiliki anak yang
duduk dikelas 1-3 SD, dengan latar belakang pendidikan SLT A sampai dengan
SI. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan objective test dan observasi
selama proses pelatihan. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji Wilcoxon
Signed Rank. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan Ibu
mengenai konsep dasar harga diri dan cara meningkatkan harga diri anak usia 6-8
tahun sebesar 12,17% dan peningkatannya signifikan (p= 0,018 < u=0,05).
Adapun peningkatan pengetahuan masing-masing subjek pada dimensi 1 adalah
berkisar 6% hingga 26% dan peningkatan pengetahuan pada dimensi 2 berkisar
2% hingga 23,92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rancangan
program pelatihan cara mengembangkan harga diri anak usia 6-8 tahun dapat
meningkatkan pengetahuan Ibu. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.