RANCANGAN INTERVENSI BERKENDARA AMAN BAGI PARA PENGENDARA SEPEDA MOTOR
Fikha Radhiita. Melakukan perancangan intervensi bagi para pengendara sepeda
motor dengan judul "Rancangan Intervensi Berkendara Aman ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001120700108 153 rad r/R.19.16 Perpustakaan Pusat (REF.19.16) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 153 rad r/R.19.16Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2012 Deskripsi Fisik xiii, 131 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 153 rad rTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Fikha Radhiita -
Fikha Radhiita. Melakukan perancangan intervensi bagi para pengendara sepeda
motor dengan judul "Rancangan Intervensi Berkendara Aman Bagi Para Pengendara
Sepeda Motor". Rancangan modul pelatihan ini sebelumnya didahului dengan
pengukuran terhadap dimensi-dimensi didalam diri individu. Hasil dari pengukuran
inilah yang digunakan sebagai dasar pembuatan rancangan intervensi bagi
pengendarasepeda motor.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku berkendara aman
melalui dimensi-dimensi didalam diri pengendara yang mempengaruhi munculnya
berkendara aman, yaitu antecedent determinant (pengetahuan dan pengalaman yang
dimiliki oleh para pengendara sepeda motor terhadap lingkungan lalu lintas),
consequent determinant (penghayatan para pengendara sepeda motor terhadap
konsekuensi-konsekuensi dalam berkendara) dan cognitive control (evaluasi yang
dilakukan oleh pengendara sepeda motor terhadap pemikiran, konsep dan nilai yang
dimiliki oleh para pengendara sepeda motor).
Perancangan intervensi berkendara aman ini merupakan penelitian dengan
menggunakan studi deskriptif. Secara metodologis, tujuan dari penelitian ini adalah
membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai
fakta, yang digunakan sebagai dasar pembuatan rancangan intervensi pembelajaran
yang akan digunakan sebagai salah satu bentuk intervensi.
Subjek dalam penelitian ini adalah enampuluh satu orang pengendara sepeda motor di
Bandung dan Jakarta. Mereka diambil berdasarkan accidential sampling dan snowball
sampling. Pengukuran yang digunakan berupa kuesioner terbuka yang disusun oleh
peneliti dan digunakan untuk mengambil data pada enampuluh satu pengendara
sepeda motor.
Data pengukuran digolongkan dan diklasifikasikan melalui penghitungan kuantitatif
dan kualitatif. Berdasarkan data tersebut didapatkan rumusan kebutuhan, yaitu bahwa
dibutuhkan materi pembelajaran tentang (1) Meningkatkan pengetahuan pengendara
sepeda motor tentang berkendara aman. (2) Meningkatkan kemandirian para
pengendara sepeda motor dalam mengambil keputusan ketika berkendara dalam
berbagai situasi lalu lintas. (3) Meningkatkan pemahaman pengendara sepeda motor
terhadap resiko dan konsekuensi berkendara tidak aman yang dilakukan tidak hanya
merugikan orang lain tetapi juga merugikan diri sendiri.
Dari hasil ini maka disusunlah rancangan intervensi yang diperuntukkan bagi para
pengendara sepeda motor agar dapat berkendara aman dan menciptakan kondisi lalu
lintas yang aman, nyaman dan dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu
lintas terutama pada para pengendara sepeda motor. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.