Detail Cantuman

Image of RANCANGAN INTERVENSI BERKENDARA AMAN BAGI PARA PENGENDARA SEPEDA MOTOR

 

RANCANGAN INTERVENSI BERKENDARA AMAN BAGI PARA PENGENDARA SEPEDA MOTOR



Fikha Radhiita. Melakukan perancangan intervensi bagi para pengendara sepeda
motor dengan judul "Rancangan Intervensi Berkendara Aman ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120700108153 rad r/R.19.16Perpustakaan Pusat (REF.19.16)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    153 rad r/R.19.16
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 131 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    153 rad r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab

  • Fikha Radhiita. Melakukan perancangan intervensi bagi para pengendara sepeda
    motor dengan judul "Rancangan Intervensi Berkendara Aman Bagi Para Pengendara
    Sepeda Motor". Rancangan modul pelatihan ini sebelumnya didahului dengan
    pengukuran terhadap dimensi-dimensi didalam diri individu. Hasil dari pengukuran
    inilah yang digunakan sebagai dasar pembuatan rancangan intervensi bagi
    pengendarasepeda motor.

    Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku berkendara aman
    melalui dimensi-dimensi didalam diri pengendara yang mempengaruhi munculnya
    berkendara aman, yaitu antecedent determinant (pengetahuan dan pengalaman yang
    dimiliki oleh para pengendara sepeda motor terhadap lingkungan lalu lintas),
    consequent determinant (penghayatan para pengendara sepeda motor terhadap
    konsekuensi-konsekuensi dalam berkendara) dan cognitive control (evaluasi yang
    dilakukan oleh pengendara sepeda motor terhadap pemikiran, konsep dan nilai yang
    dimiliki oleh para pengendara sepeda motor).

    Perancangan intervensi berkendara aman ini merupakan penelitian dengan
    menggunakan studi deskriptif. Secara metodologis, tujuan dari penelitian ini adalah
    membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai
    fakta, yang digunakan sebagai dasar pembuatan rancangan intervensi pembelajaran
    yang akan digunakan sebagai salah satu bentuk intervensi.

    Subjek dalam penelitian ini adalah enampuluh satu orang pengendara sepeda motor di
    Bandung dan Jakarta. Mereka diambil berdasarkan accidential sampling dan snowball
    sampling. Pengukuran yang digunakan berupa kuesioner terbuka yang disusun oleh
    peneliti dan digunakan untuk mengambil data pada enampuluh satu pengendara
    sepeda motor.

    Data pengukuran digolongkan dan diklasifikasikan melalui penghitungan kuantitatif
    dan kualitatif. Berdasarkan data tersebut didapatkan rumusan kebutuhan, yaitu bahwa
    dibutuhkan materi pembelajaran tentang (1) Meningkatkan pengetahuan pengendara
    sepeda motor tentang berkendara aman. (2) Meningkatkan kemandirian para
    pengendara sepeda motor dalam mengambil keputusan ketika berkendara dalam
    berbagai situasi lalu lintas. (3) Meningkatkan pemahaman pengendara sepeda motor
    terhadap resiko dan konsekuensi berkendara tidak aman yang dilakukan tidak hanya
    merugikan orang lain tetapi juga merugikan diri sendiri.

    Dari hasil ini maka disusunlah rancangan intervensi yang diperuntukkan bagi para
    pengendara sepeda motor agar dapat berkendara aman dan menciptakan kondisi lalu
    lintas yang aman, nyaman dan dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu
    lintas terutama pada para pengendara sepeda motor.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi