Detail Cantuman

Image of RANCANGAN PELATIHAN POLA INTERAKSI  ORANG TUA-ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI RUMAH UNTUK MEMPERSIAPKAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA PRA-SEKOLAH (Studi pada Orang Tua Siswa TKK YAHYA Bandung)

 

RANCANGAN PELATIHAN POLA INTERAKSI ORANG TUA-ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI RUMAH UNTUK MEMPERSIAPKAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA PRA-SEKOLAH (Studi pada Orang Tua Siswa TKK YAHYA Bandung)


Penelitian ini bermaksud untuk menemukan rancangan pelatihan yang dapat
digunakan untuk meningkatkan pemahaman orangtua siswa TKK Yahya

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110700306155.423 les r/R.19.80Perpustakaan Pusat (REF.19.80)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.423 les r/R.19.80
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 168 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.423 les r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bermaksud untuk menemukan rancangan pelatihan yang dapat
    digunakan untuk meningkatkan pemahaman orangtua siswa TKK Yahya
    mengenai pola interaksi orangtua-anak melalui kegiatan bermain di rumah untuk
    mempersiapkan perkembangan kreativitas anak usia pra-sekolah. Beberapa
    penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menyebutkan bahwa pengembangan
    kreativitas dapat membantu anak pra-sekolah menyesuaikan diri dengan tuntutan
    yang ada di lingkungan, termasuk dalam proses belajamya.

    Perkembangan kreativitas dalam diri anak tidak muncul begitu saja, namun
    perlu difasilitasi dan dipersiapkan oleh lingkungan. Lingkungan terdekat bagi
    anak pra-sekolah saat ini adalah lingkungan rumah dan sekolah. TKK Yahya
    merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang sudah mulai
    mempersiapkan perkembangan kreativitas siswa melalui proses belajamya. Dalam
    pelaksanaannya, pihak sekolah memerlukan kerjasama dengan lingkungan rumah,
    yaitu orangtua. Namun kendala yang dihadapi adalah orangtua siswa TKK Yahya
    belum memahami pola interaksi yang dapat diterapkan melalui kegiatan bermain
    untuk mempersiapkan perkembangan kreativitas anak. Hal ini dapat dipelajari,
    salah satunya melalui suatu bentuk pelatihan bagi orangtua. Hasil akhir
    pembelajaran yang ditujukan dalam pelatihan ini sampai pada tahap kognitif
    tingkat pemahaman. Materi pelatihan disusun berdasarkan hasil analisa kebutuhan
    dan disampaikan melalui tahapan Experiential Learning. Desain penelitian yang
    digunakan adalah The One Group Pre-Test Post-Test Design, dengan melakukan
    pengukuran sebelum dan sesudah pemberian uji coba rancangan pelatihan. Subjek
    penelitan yang akan mengikuti uji coba rancangan pelatihan adalah orangtua
    siswa TKK Yahya yg memiliki anak usia 4-5 tahun. Uji statistik yang digunakan
    adalah uji Paired Sample T-Test.

    Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara
    pemahaman subjek mengenai pola interaksi orangtua-anak melalui kegiatan
    bermain di rumah untuk mempersiapkan perkembangan kreativitas anak usia pra­
    sekolah sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Berdasarkan delapan strategi
    yang dapat digunakan, peningkatan yang signifikan terjadi pada strategi 4 dan 6,
    yaitu mengenai penerapan aturan dan menjadi model bagi anak untuk berkreasi.
    Peningkatan yang belum terjadi pada semua strategi dapat dipengaruhi oleh
    perbedaan minat dan kebutuhan subjek penelitian yang belum secara spesifik
    mengarah pada pengembangan kreativitas. Selain itu durasi waktu yang sangat
    singkat saat melakukan uji coba rancangan pelatihan dapat memberikan pengaruh.
    Metode ceramah yang digunakan untuk menyampaikan materi utama nampaknya
    belum membuat seluruh subjek penelitian memiliki pemahaman yang mendalam.

    Di akhir penelitian terdapat beberapa saran yang diajukan berkaitan dengan
    penelitian selanjutnya dan dan hal-hal yang mendukung pengembangan rancangan
    pelatihan pola interaksi orangtua-anak melalui kegiatan bermain di rumah untuk
    mempersiapkan perkembangan kreativitas anak usia pra-sekolah.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi