Detail Cantuman

Image of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MARIA WALANDA MARAMIS MINAHASA UTARA

 

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MARIA WALANDA MARAMIS MINAHASA UTARA


Untuk mengetahui kinerja kualitas pelayanan rumah sakit terhadap kepuasan
pasien maka diperlukan pengukuran yang dapat mengevaluasi kualitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001150700168362.106 8 toa pPerpustakaan Pusat (REF.12.105)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362.106 8 toa p/R.12.105
    Penerbit Program Magister Manajemen Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 140 hlm. Ilus ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362.106 8
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Untuk mengetahui kinerja kualitas pelayanan rumah sakit terhadap kepuasan
    pasien maka diperlukan pengukuran yang dapat mengevaluasi kualitas pelayanan
    yang telah diberikan rumah sakit. Pada awal pelaksanaan SJSN ini banyak sekali
    permasalahan dan keluhan yang timbul dari konsumen (pasien), karena itu
    manajemen rumah sakit perlu mengevaluasi kualitas pelayanan yang telah
    diberikan kepada pasien BP JS yang mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian
    ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan pasien peserta
    BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda
    Maramis Minahasa Utara, serta menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang
    meliputi reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible baik secara
    bersama-sama maupun sendiri-sendirilparsial terhadap kepuasan pasien peserta
    BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda
    Maramis Minahasa Utara. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif dengan
    metode survey. Sebanyak 100 kuisioner diberikan kcpada pasien di instalasi rawat
    jalan yang mernenuhi kriteria inklusi. Pengujian hipotesis menggunakan path
    analysis dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
    kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien peserta BP JS di Instalasi Rawat
    Jalan RSUD Maria Walanda Maramis Minahasa Utara dinilai tinggi oleh
    responden. Kelima dimensi kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh
    signifikan terhadap kepuasan pasien dan secara parsial, hanya dimensi tangibles
    yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Pengaruh terbesar dimensi
    kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien adalah tangibles, diikuti oleh
    responsiveness, empathy, reliability dan assurance.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi